Penulis Utama : Nofrika Ariyadi Aditama
NIM / NIP : K4217056
×

Penciptaan karya sastra tidak lepas dari unsur-unsur alam seperti air, udara, tanah dan lain sebagainya. Adanya keterkaitan antara manusia dengan lingkungan dalam sebuah karya sastra melahirkan suatu pemikiran yaitu kajian ekologi. Khususnya novel bahasa Jawa belum banyak penelitian menggunakan pendekatan ekologi sastra dengan menarik nilai-nilai moral dari interaksi antara manusia dengan alam dalam karya sastra untuk dijadikan sebagai referensi bahan ajar di sekolah. Maka dari itu, perlu adanya penelitian sastra dengan menggunakan pendekatan ekologi untuk dijadikan sumber belajar tambahan bagi siswa.    
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan unsur-unsur pembangun novel Prau Layar Ing Kali Code karya Budi Sardjono, mendeskripsikan dan menjelaskan aspek-aspek ekologi sastra dalam novel Prau Layar Ing Kali Code karya Budi Sardjono, mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan budi pekerti, serta mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi dengan bahan ajar bahasa Jawa di SMA dari Novel Prau Layar Ing Kali Code karya Budi Sardjono. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pola penyajian data berupa penggambaran serta deskripsi.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik analisis dokumen serta wawancara secara mendalam. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Novel Prau Layar Ing Kali Code karya Budi Sardjono. Sumber data kedua dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan pengarang novel, ahli sastra, guru bahasa Jawa dan siswa SMA. Teknik keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis model mengalir.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, ditemukan unsur pembangun novel berupa tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa dan semuanya saling memiliki kepaduan sehingga menghasilkan cerita yang menarik dan bagus. Ditemukan aspek-aspek ekologi sastra diantaranya, ekologi manusia dengan air, ekologi manusia dengan udara dan hewan, ekologi manusia dengan tanah, ekologi manusia dengan udara, tanah, air dan hewan. Ditemukan nilai pendidikan budi pekerti yaitu nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong-royong, dan nilai integritas. Aspek terakhir yaitu ditemukannya kesesuaian Novel Prau Layar Ing Kali Code karya Budi Sardjono ini dengan bahan ajar di SMA sehingga mampu menjadi tambahan bahan ajar di jenjang sekolah menengah atas (SMA)

Kata Kunci: ekologi sastra, novel, nilai pendidikan budi pekerti, relevansi pembelajaran bahasa Jawa di SMA.
 

 

×
Penulis Utama : Nofrika Ariyadi Aditama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217056
Tahun : 2021
Judul : Kajian Ekologi Sastra dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Novel Prau Layar Ing Kali Code Karya Budi Sardjono Serta Relevansinya dengan Bahan Ajar Bahasa Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217056
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.