Penulis Utama : Wiliansyah Pikoli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8417073
Tahun : 2021
Judul : Peran Tokoh Agama dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Kasus di Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K8417073
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sebagai negara yang memiliki 6 agama resmi, maka kerukunan antar umat beragama adalah salah satu hal penting yang harus terus diperhatikan oleh pemerintah Indonesia sebab melihat masih adanya kasus yang berbau agama yang berujung pada terjadinya konflik. Meski masih adanya kasus yang berbau agama di Indonesia tetapi dibeberapa wilayah yang dihuni oleh beragam agama dapat menjalani kehidupan yang rukun dan damai antar sesama, salah satunya adalah Desa Banuroja. Desa yang dihuni oleh 4 agama ini sejak awal dibentuk hingga sekarang tidak pernah terjadi konflik agama malah masyarakatnya hidup saling berdampingan meski berbeda keyakinan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran para tokoh agama dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap 9 informan yang terdiri dari 3 tokoh agama yakni tokoh agama Islam, Kristen dan Hindu serta 6 warga yang berasal dari agama yang berbeda yakni Islam, Kristen dan Hindu. Data penelitian didapat dari hasil wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive sampling, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif serta diuji validitas datanya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran para tokoh agama berbeda-beda tetapi tujuannya sama yaitu menjaga kerukunan antar umat beragama, peran para tokoh agama yaitu mengajarkan masyarakat untuk saling tolong menolong tanpa membeda-bedakan, mengajarkan sikap keterbukaan, mengajarkan tiga perbuatan suci (berfikir suci, berkata suci, berperilaku suci), memberi pemahaman dalam hal menjaga komunikasi antar sesama, mengajak masyarakat untuk ikut kerja bakti, mengajak untuk ikut membantu umat lain jika sedang mengadakan kegiatan, dan selalu memperingatkan masyarakat untuk tidak mudah terpancing mengenai isu-isu yang berbau agama.

Kata kunci: Kerukunan, Peran, Tokoh Agama, Umat Beragama

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yosafat Winarto, S.T., M.T.
2. Yuhastina, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP