Penulis Utama : Syahri Alqurni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851802030
Tahun : 2021
Judul : Analisis Tingkat Metakognisi dan Representasi Matematis Siswa SMP Batik Surakarta dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Kognitif
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S851802030
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tingkat metakognisi dan representasi matematis merupakan dua hal yang berperan penting dalam proses penyelesaian masalah siswa. Selain itu, karakteristik siswa dalam menyelesaikan masalah tentu tidak semuanya sama, salah satunya berbeda dalam hal gaya kognitif. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik untuk mengetahui dan memahami ketiga hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat metakognisi dan representasi siswa kelas VIII SMP Batik Surakarta dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; 2) untuk mengetahui tingkat metakognisi dan representasi siswa kelas VIII SMP Batik Surakarta dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah berupa tes Matching Familiar Figure Test, tes soal masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan pedoman wawancara. Subjek penelitian diperoleh berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Batik Surakarta. Jenis validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman. Analisis data dilakukan dengan menggunakan indikator tingkat metakognisi untuk mengklasifikasikan tingkatan metakognisi masing-masing siswa sedangkan indikator representasi untuk mengetahui jenis representasi apa saja yang siswa gunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat metakognisi siswa reflektif dalam menyelesaikan masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel adalah Semireflective Use yaitu siswa mulai merefleksikan pemikirannya pada saat menyelesaikan masalah namun hanya pada langkah-langkah tertentu saja. Tingkat metakognisi siswa impulsif dalam menyelesaikan masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel adalah Aware Use yaitu adanya kesadaran terhadap apa yang yang dipikirkan pada saat menyelesaikan masalah namun belum sepenuhnya mampu untuk memilih strategi yang tepat. 2) representasi yang digunakan siswa reflektif dan impulsif  adalah sama, yaitu representasi simbolik dan representasi kata-kata atau teks tertulis.

Kata kunci: tingkat metakognisi, representasi matematis, gaya kognitif, masalah kontekstual, SPLDV

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Dr. Dewi Retno Sari S, M.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana