Penulis Utama : Maudy Pratiwi Novia Matovanni
NIM / NIP : S072008002
×

Sintesis dan Karakterisasi Hidrogel Pati Singkong Cangkok Poliakrilamida (CS-g-PAM) dengan Bantuan Microwave untuk Aplikasi Enhanced Oil Recovery (EOR). Maudy Pratiwi Novia Matovanni, 2022. Magister Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta 57126.

Teknologi enhanced oil recovery (EOR) sangat dibutuhkan di tengah krisis energi yang semakin memburuk seperti produksi minyak yang menurun, harga minyak mentah yang tinggi, dan metode produksi primer yang tidak efektif. Salah satu jenis teknologi EOR yaitu injeksi polimer. Hidrogel merupakan polimer yang dapat digunakan sebagai agen injeksi polimer di dalam teknologi EOR. Hidrogel dari kombinasi polimer alam dan sintetik dapat menjadi alternatif sintesis polimer yang ramah lingkungan, murah dan memiliki ketahanan yang baik terhadap kondisi reservoir. Hidrogel dari pati singkong dan akrilamida disintesis menggunakan metode microwave-assisted dan potasium peroxodilsufat (KPS) sebagai inisiator menghasilkan hidrogel pati singkong cangkok poliakrilamida (CS-g-PAM). Penelitian ini mempelajari pengaruh rasio berat akrilamida/pati singkong, rasio berat KPS/pati singkong, waktu iradiasi, dan daya iradiasi terhadap sifat CS-g- PAM.

Sintesis CS-g-PAM dilakukan menggunakan bantuan microwave domestik (Krisbow 20 L). Pati singkong, akrilamida, dan KPS ditambahkan ke dalam 50 mL air distilat dan diletakkan di dalam 1000 mL gelas beaker. Sintesis CS-g-PAM dilakukan dengan siklus irradiation-cooling, larutan diiradiasi selama 30 detik (<70oC>swelling, kelarutan dalam air, dan viskositas. Pengujian swelling dan viskositas dilakukan pada media air pada berbagai konsentrasi NaCl, temperatur, dan waktu. Karakterisasi CS-g-PAM ditunjukkan dengan Fourier Transfer Infra Red (FTIR), Scanning Electron Microscopy (SEM), X-ray powder diffaction (XRD), dan Thermogravimetric Analysis (TGA).

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rasio berat akrilamida/pati singkong, daya iradiasi, dan waktu iradiasi meningkatkan rasio swelling, kelarutan dalam air, dan viskositas CS-g-PAM. Variasi rasio berat KPS/pati singkong menunjukkan hasil optimum pada 3/10. Spektrum FTIR dan XRD, serta analisis SEM dari CS-g-PAM mengkonfirmasi bahwa rantai poliakrilamida berhasil dicangkokkan ke pati singkong sebagai backbone. Hasil analisis TGA menunjukkan bahwa CS-g-PAM memiliki ketahanan termal yang baik. CS-g-PAM memiliki sifat-sifat seperti pengentalan yang baik, ketahanan suhu, dan ketahanan garam sesuai dengan kondisi reservoir. Temuan ini menunjukkan bahwa CS-g- PAM memiliki potensi yang baik untuk aplikasi EOR.

×
Penulis Utama : Maudy Pratiwi Novia Matovanni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S072008002
Tahun : 2022
Judul : Sintesis dan Karakterisasi Hidrogel Pati Singkong Cangkok Poliakrilamida (CS-g-PAM) dengan Bantuan Microwave untuk Aplikasi Enhanced Oil Recovery (EOR)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-2 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Hidrogel, Pati singkong, Poliakrilamida, Microwave-asissted, Enhanced oil recovery
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://jurnal.ugm.ac.id/ijc/article/view/71343/33808
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sperisa Distantina, S.T., M.T.
2. Ir. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T., PhD, IPM
Penguji : 1. Dr. Ir. Fadilah, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.