Penulis Utama : Yuniar Virmasari
Penulis Tambahan : 1. -
NIM / NIP : K3118079
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Aplikasi Teropong Kampus untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut sebagai Bagian dari Purpose in Life Siswa SMA di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Yuniar Virmasari. K3118079. PENGEMBANGAN APLIKASI TEROPONG KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN STUDI LANJUT SEBAGAI BAGIAN DARI PURPOSE IN LIFE SISWA SMA DI SURAKARTA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April 2022.

Penelitian bertujuan menghasilkan aplikasi Teropong Kampus untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut sebagai bagian dari purpose in life siswa SMA di Surakarta yang dapat digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan BK kepada siswa SMA dan telah dilakukan uji validitas ahli BK dan ahli media. Peneliti menggunakan desain penelitian dan pengembangan ADDIE (1996) yang pelaksanaannya sampai tahap development atau uji validitas ahli pada dua ahli bimbingan dan konseling dan dua ahli media.

Hasil uji validitas ahli aplikasi Teropong Kampus memiliki validitas tinggi (0,94) yang dilakukan pada dua ahli BK dan dua ahli media memperlihatkan bahwa produk memiliki validitas sedang (0,66), sehingga pengembangan dari aplikasi Teropong Kampus dikatakan layak digunakan sebagi media layanan perencanaan individual untuk menimgkatkan perencanaan studi lanjut siswa sebagai bagian dari purpose in life siswa SMA.

Pengembangan aplikasi Teropong Kampus memiliki kelebihan diantaranya adalah produk dapat digunakan sebagai media layanan BK yang efektif dan efisien, produk dilengkapi dengan tes psikologi online secara gratis, informasi yang terhubung dengan situs resmi, produk dilengkapi dengan materi pdf yang dapat diunduh, produk dapat membantu siswa mendapatkan pengetahuan tentang pendidikan lanjutan secara mudah untuk mencapai purpose in life yang dimiliki, dan produk memberikan kemudahan guru BK dalam memberikan layanan tanpa harus bertatap muka. Aplikasi Teropong Kampus juga diharapkan dapat menjadi salah satu media dalam pendidikan terutama pemberian layanan BK bagi siswa SMA. 

Pengembangan aplikasi Teropong kampus ini hendaknya dapat dilanjutkan sampai pada tahap selanjutnya, yakni tahap implementation di mana peneliti melakukan penyampaian materi yang disampaikan oleh seorang guru BK kepada siswa dan tahap evaluation yakni memberikan penilaian terhadap program atau media layanan yang telah dikembangkan serta menjalin kerja sama dengan para ahli di bidangnya sampai dengan dipublikasikannya aplikasi Teropong Kampus.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
DAFTAR LAMPIRAN (1).pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd
2. Adi Dewantoro, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP