Penulis Utama : Fathia Mutiara Zahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022102021
Tahun : 2022
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Paparan Cadmium terhadap Gagal Ginjal Kronis pada Orang Dewasa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Fathia Mutiara Zahra. S022102021. 2022. Meta Analisis Pengaruh Paparan Cadmium Terhadap Gagal Ginjal Kronis Pada Orang Dewasa. Tesis. Pembimbing I: Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr. M.Kes. Pembimbing II: Prof. Bhisma Murti, dr., M.P.H., M.Sc., Ph.D. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar Belakang: Logam berat, seperti cadmium, merupakan logam berat yang berbahaya bagi kesehatan. Paparan kronis terhadap cadmium dikaitkan dengan penurunan laju filtrasi glomerulus dan meningkatkan risiko penyakit gagal ginjal kronis. Studi ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar pengaruh paparan cadmium terhadap kejadian gagal ginjal kronis pada orang dewasa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh paparan cadmium terhadap kejadian gagal ginjal kronis pada orang dewasa.

Subjek dan Metode: Studi ini merupakan systematic review dan meta-analisis menggunakan diagram alur PRISMA dengan PICO sebagai berikut, Populasi: Orang Dewasa. Intervensi: Terpapar Cadmium. Comparison: Tidak Terpapar Cadmium. Outcome: Gagal Ginjal Kronis. Pencarian artikel menggunakan beberapa database diantaranya PubMed, Google Scholar, dan Science Direct dengan kata kunci pencarian “Adults” AND “cadmium exposure” AND “chronic kidney disease”. Artikel yang dimasukkan berkisar antara tahun 2013 sampai 2021. Analisis dilakukan dengan menggunakan RevMan 5.3 sebagai program statistik.

Hasil: Terdapat 11 artikel, yang berasal dari benua Asia dan Eropa. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa paparan cadmium dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal kronis pada orang dewasa sebesar 2.81 kali dibandingan dengan orang dewasa yang tidak terpapar cadmium dan secara statistik signifikan (aOR = 2.81; CI 95% = 1.74 hingga 4.51; p<0>

 Kesimpulan: Paparan cadmium dapat meningkatkan risiko gagal ginjal kronis pada orang dewasa.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr. M.Kes
2. Prof. Bhisma Murti, dr., M.P.H., M.Sc., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana