Penulis Utama : Arif Alfan Al Hakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3519003
Tahun : 2022
Judul : Sistem Pengolahan Data dan Pendistribusian Paket Divisi Sentral Layanan Pelanggan Korporat (SLPK) Pos Solo 57100
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

SISTEM PENGOLAHAN DATA DAN PENDISTRIBUSIAN PAKET DIVISI SENTRAL LAYANAN PELANGGAN KORPORAT (SLPK) POS SOLO 57100

Arif Alfan Al Hakim

 

F3519003

Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi perusahaan dibidang industri barang dan jasa khususnya dalam sistem pengolahan data. Tren sistem pengolahan data saat ini beralih dari semula konvensional menjadi berbasis digital. Sistem pengolahan data berbasis digital diyakini memberikan kemudahan dalam meperoleh informasi untuk menunjang kecepatan dan ketepan waktu pengolahan data. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis NIPOS (New Integrated Postal Operating System) dalam pengolahan data dan pendistribusian paket divisi Sentral Layanan Pelanggan Korporat pada PT Pos Solo 57100. Obyek penelitian ini berlokasi di Jl. Jendral Sudirman No.8, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang menggunakan metode deskriptif dengan cara mendeskripsikan data dari wawancara mendalam terhadap subjek penelitian untuk menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi di PT Pos Solo 57100 Surakarta. Sehingga dapat dijelaskan upaya dan solusi dari kendala pengoperasian NIPOS (New Integrated Postal Operating System).

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengembangan aplikasi Microsoft Office Excel menjadi aplikasi baru berupa NIPOS (New Integrated  Postal Operating System) sudah efektif dalam menunjang kecepatan waktu dan ketepatan pengolahan data paket pos salah satunya penggunaan menu bagging dan mile untuk tim Sentral Layanan Pelanggan Korporat.

Berdasarkan hasil pembahasan tersebut, bahwa PT Pos Solo 57100 telah menerapkan aplikasi NIPOS (New Integrated Postal Operating System) untuk menunjang kecepatan dan ketapatan input data. Namun dalam implementasinya masih perlu adanya perbaikan server internet secara berkelanjutan untuk menunjang kelancaran pada pengoperasian aplikasi tersebut. Oleh karena itu, diharapkan divisi Sentral Lanayan Pelanggan Korporat PT Pos Solo 57100 selalu menyesuaikan terhadap perkembangan sistem pengolahan data.

Kata kunci : Sistem Nipos, Ketepatan Input Data

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi