Penulis Utama : Melisa Anggun Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118150
Tahun : 2022
Judul : Analisis Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran di Kelas V MIN 4 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Melisa Anggun Maharani. K7118150. ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V MIN 4 SRAGEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2022.

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran di kelas V MIN 4 Sragen tahun ajaran 2021/2022; (2) mendeskripsikan implementasi manajemen kelas di kelas V MIN 4 Sragen tahun ajaran 2021/2022; (3) menganalisis faktor yang mempengaruhi manajemen kelas dalam pembelajaran di kelas V MIN 4 Sragen tahun ajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode mixed methods. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru , dan siswa di kelas V MIN 4 Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan tiangulasi sunmber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran di kelas V MIN 4 Sragen terlaksana dengan sangat layak (81%-100%). Pelaksanaan pembelajaran meliputi  2 kegiatan, yaitu: (a) Rencana Pelaksnaan Pembelajaran, yang dapat diamati di MIN 4 Sargen yaitu data sekolah, mata pelajaran, dankelas/semester; materi pokok; alokasi waktu; tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; materi pembelajaran; metode pembelajaran; media, alat dan sumber belajar; langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan penilaian, (b) Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat diamati di MIN 4 Sargen yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Implementasi manajemen kelas di kelas V MIN 4 Sragen yang terlaksana dengan sangat layak (81%-100%). Manajemen pembelajaran yang dapat diamati di MIN 4 Sargen yaitu kegiatan menciptakan iklim kelas yang tepat, mengatur ruang belajar, dan mengelola interaksi belajar mengajar. (3) Implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran berdampak pada siswa yaitu dapat memahami materi pembelajaran dengan baik dan memiliki sikap positif. Namun, terdapat kendala dalam implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran di MIN 4 Sragen dan dioptimalkan dengan upaya yang sesuai dengan permasalahan tersebut.

Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi manajemen kelas yang dilakukan secara maksimal dalam pembelajaran dapat menimbulkan dampak positif pada proses pembelajaran di kelas V MIN 4 Sragen tahun ajaran 2021/2022.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB V.pdf
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
HALAMAN COVER.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, S.Pd. M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP