Penulis Utama : Happy Octaviona Agusta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118021
Tahun : 2022
Judul : Sikap Tokoh Utama dalam Novel Arundaya Ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake Karya Danang Febriansyah(Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

 

Happy Octaviona Agusta. B0118021. 2022. Sikap Tokoh Utama dalam Novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah (Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

            Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan unsur-unsur struktural yang membangun novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah berdasarkan teori struktural Robert Stanton (2) mendeskripsikan sikap tokoh utama dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam novel novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah (3) mengimplementasikan cara tokoh utama dalam menyelesaikan permasalahannya dengan tokoh lain dari novel novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah.

            Penelitian ini berjenis penelitian dasar, dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari teks novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks yang terkandung dalam novel dan wawancara dengan pengarang. Unsur-unsur struktural yang membangun cerita meliputi fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi), kemudian juga meliputi aspek-aspek psikologis berupa sikap tokoh utama, dan implementasi cara tokoh utama dalam menyelesaikan permasalahannya dengan tokoh lain dalam novel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan struktural dan pendekatan psikologi sastra.

            Hasil analisis dari penelitian ini adalah: (1) unsur struktural yang terdapat dalam novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah menunjukkan adanya hubungan erat antara unsur satu dengan unsur lainnya (2) ditinjau dari aspek psikologi sastra, novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah ini mampu mengungkapkan sikap tokoh utama bernama Arun dalam menghadapi permasalahan dalam novel (3) ditinjau dari implementasi cara penyelesaian masalah tokoh utama dalam novel Arundaya ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake karya Danang Febriansyah, tokoh utama yaitu Arundaya cenderung menyelesaikan berbagai permasalahan dengan cara yang tenang dan sempurna. 

          

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SKRIPSI HAPPY OCTAVIONA (FIX) B0118021 (1)-1.pdf
SKRIPSI HAPPY OCTAVIONA (FIX) B0118021 (1)-15-42.pdf
SKRIPSI HAPPY OCTAVIONA (FIX) B0118021 (1)-43-164.pdf
SKRIPSI HAPPY OCTAVIONA (FIX) B0118021 (1)-165-167.pdf
SKRIPSI HAPPY OCTAVIONA (FIX) B0118021 (1)-168-170.pdf
SKRIPSI HAPPY OCTAVIONA (FIX) B0118021 (1)-171-183.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya