Penulis Utama : Balqis Farah Inas Nabilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8719005
Tahun : 2022
Judul : Evaluasi Sistem Drainase Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Balqis Farah Inas Nabilah, 2022. Evaluasi Sistem Drainase Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Tugas Akhir, Program Studi D-III Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Curah hujan yang tinggi akan menyebabkan luapan air dari sungai, selokan, maupun tempat penampungan air lainnya jika kapasitas tampung yang ada lebih kecil dari volume hujan yang datang. Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai pengaliran kelebihan air hujan. Kota surakarta sudah menerapkan sistem darinase yang baik pada setiap wilayahnya, namun terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan kerusakan atau hambatan pada drainase sehingga masih sering dijumpai genangan air pada sepanjang jalan di Kota Solo seperti di Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

Penelitian evaluasi kinerja sistem drainase ini menggunakan metode deskriptif kuantitaif. Langkah yang dilakukan antara lain permohonan izin, melakukan survey, mencari data dan informasi, mengolah data, dan yang terakhir penyusunan laporan. Hasil pengolahan data digunakan kembali sebagai data untuk menganalisis yang lainnya dan berlanjut terus hingga mendapat kinerja sistem drainase.

Kondisi eksisting saluran cukup bersih dan terawat, namun masih dijumpai beberapa masalah saluran seperti tumbuh tanaman liar pada saluran cabang 1 dan endapan sedimentasi dan sampah daun kering yang jatuh pada saluran cabang 2. Berdasarkan analisis perhitungan yang sudah dilakukan pada saluran utama 1 dan saluran cabang 1-5, bahwa debit rencana (Qr) lebih kecil daripada debit saluran (Qs), sehingga semua saluran sudah memenuhi kapasitas. Untuk menanggulangi masalah pada saluran perlu dilakukan pemeliharaan dengan cara pengerukan sedimen, operasi dan perawatan drainase, pembersihan sampah seperti daun-daun kering secara rutin agar aliran air tidak terhambat terutama pada saluran cabang 1 dan 2, selain itu perlu juga diadakan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
0.COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
PENUTUP.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Siti Qomariyah, M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi