Penulis Utama : Mega Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0918033
Tahun : 2022
Judul : Perancangan Batik dengan Teknik Tulis pada Media Bambu untuk Wall Decor
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai, kolaborasi seni yang agung, dan kaya akan makna filosofis. Batik tulis dengan teknik tutup celup selain diterapkan pada media kain ternyata juga dapat diterapkan pada media bambu, hanya saja prosesnya lebih lama dan rumit daripada membatik di atas kain karena media yang tidak datar.

Metode perancangan yang digunakan penciptaan karya seni menurut Gustami. Mencakup tiga tahap yaitu eksplorasi/penggalian sumber ide, tahap perancangan/visualisasi perancangan, dan perwujudan karya. Konsep perancangan ini menunjukkan bahwa batik tulis pada media bambu memperkaya kerajinan Indonesia. Diawali dengan proses menghilangkan kulit bambu, pengamplasan, pemberian pola, mencanting, pewarnaan, pelorodan, dan finishing.

Hasilnya adalah produk wall decor dengan motif kawung kombinasi, memanfaatkan bambu cendani yang awet dan memiliki daya serap warna tinggi. Ada 8 desain diatas kertas dan realisasinya 3 desain berbentuk kerai dengan satu dan dua warna.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Felix Ari Dartono, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain