Penulis Utama : Rifan Freza Purnama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0918049
Tahun : 2022
Judul : Perancangan Stool Inspirasi Motif Kawung dengan Menggunakan Limbah Celana Bekas Jeans dan Oil Barrel
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Sastra dan Seni Rupa - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Rifan Freza Purnama. C0918049. 2021. “Perancangan Stool Inspirasi Motif Kawung Dengan Menggunakan Limbah Celana Bekas Jeans Dan Oil Barrel”. Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret.

            Indonesia merupakan negara yang menghasilkan sampah bekas, tidak hanya limbah pra-konsumen melainkan juga pencemaran lingkungan yang bisa ditemui dan juga banyaknya stok barang yang tidak laku dijual. Selain itu, aktifitas industri membutuhkan adanya pelumas oli untuk mesin dan  drum oli (oil barrel) sebagai packaging.  Dari kegiatan tersebut kebutuhan oil barrel meningkat setiap bulannya. Hal ini akan menjadikan limbah baru berupa kurangnya pemanfaatan oil barrel.

MBKM (Merdeka Belajar Kampus Mederka) menjadi awal melakukan kegiatan magang di perusahaan CV. T VINTAGE AND RECYCLED dengan pemanfaatan limbah celana bekas jeans dan oil barrel . Tujuannya agar limbah anorganik menjadi barang yang mempunyai nilai tinggi dan mengubah kebarang yang bisa digunakan dalam keseharian. Mitra CV. T VINTAGE AND RECYCLED sebuah  produsen furniture dan dekorasi daur ulang dengan konsep vintage dan recycle, upcycling material metal khususnya oil barrel. Diperlukanlah gagasan perancangan stool inspirasi motif kawung dengan menggunakan limbah celana bekas jeans dan oil barrell. Mewujudkan motif kawung untuk mewujudkan identitas dan memperkenalkan produk bahwa ini berasal dari Indonesia jika dipasarkan ke konsumen laur negeri.

Motode perancangan karya menggunakan pendekatan seni kriya oleh Gustami. Metode ini mencakup tiga tahapan yaitu tahap eksplorasi yang mencakup aktivitas menggali sumber ide  dengan penelusuran sumber referensi dan identifikasi masalah, Tahap perancangan mengenai hasil analisis dalam bentuk verbal. Tahap perwujudan melalui pengalihan  dari gagasan yang merujuk pada sketsa alternatif menjadi karya.

Hasil perancangan menunjukkan bahwa perancangan stool berbahan dasar limbah celana bekas jeans dan oil barrel adalah konsep yang akan menjadi terobosan baru yang terdiri dari 1 set stool terdiri dari 4 buah stool, Stool Mini Bar Stool Coffee Shop, Stool Kapsul dan Stool Segi Enam yang akan menambah koleksi Stool di perusahaan CV. T VINTAGE AND RECYCLED untuk memenuhi kebutuhan pasar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB 1.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
bab iv.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka Buku.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Endah Santoso, S.Sn., M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa