Penulis Utama : Fuad Dimar Fauzi
NIM / NIP : I0518033
×

Isobutil palmitat merupakan pelarut dalam industri cat, kosmetik, dan plastisizer dalam industri plastik, sehingga pendirian pabrik isobutil palmitat dapat memenuhi semua kebutuhan dalam negeri karena belum ada pabrik isobutil palmitat di Indonesia. Pabrik ini memiliki kapasitas 15.000 ton/tahun dan beroperasi 24 jam per hari selama 330 hari per tahun. Pabrik ini akan dibangun di kawasan industri di Gresik, Jawa Timur diatas lahan seluas 1,52 hektar. Bahan baku Isobutanol 99% dengan kebutuhan spesifik sebesar 0,26 kg/kg produk diperoleh dari PT. Petro Oxo Nusantara sedangkan asam palmitat dengan kebutuhan spesifik sebesar 0,80 kg/kg produk diperoleh dari PT. Cisadane Raya Chemical.

Tahapan proses meliputi penyiapan bahan baku isobutanol dan asam palmitat. Asam palmitat dilarutkan dengan isobutanol dalam mixer dengan perbandingan mol isobutanol dan asam palmitat sebesar 5:1 serta dipanaskan hingga mencapai suhu operasi reaktor yaitu 107ºC. Reaksi antara isobutanol dan asam palmitat terjadi di reaktor dengan bantuan katalis asam sulfat untuk membentuk produk isobutil palmitat. Asam sulfat yang keluar dari reaktor dinetralkan dalam netralizer menggunkaan natrium hidroksida. Tahap pemisahan terjadi di separator dengan hasil atas berupa isobutanol dan hasil bawah berupa produk isobutil palmitat dengan kemurnian sebesar 95%.

Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air sebesar 3,21 L/kg produk, steam 0,42 kg/kg produk, udara tekan 0,03 m3/kg produk, listrik 0,05 kWh/kg produk, dan bahan bakar 0,03 L/kg produk. Laboratorium juga tersedia di pabrik ini untuk mengontrol kualitas bahan baku, produk, air dan limbah buangan.

Pabrik ini berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan line and staff sebagai struktur organisasinya. Karyawan pabrik ini terdiri dari 76 karyawan shift dan 67 karyawan non-shift.

Harga bahan baku asam palmitat sebesar US$1,12/kg dan isobutanol sebesar US$1,07/kg sedangkan harga produk isobutil palmitat sebesar US$2,59/kg. Hasil analisa ekonomi meliputi Return on Investment sebelum dan sesudah diskon sebesar 66,63% dan 33,74%, Payback Period sebelum dan sesudah diskon selama 1,44 tahun dan 1,68 tahun, Break Event Point sebesar 42,87% dan Shut Down Point sebesar 25%. Dari hasil analisa ekonomi, pabrik ini layak didirikan.

×
Penulis Utama : Fuad Dimar Fauzi
Penulis Tambahan : 1. Ghifari Naufal Arib
NIM / NIP : I0518033
Tahun : 2022
Judul : Prarancangan Pabrik Isobutil Palmitat dari Asam Palmitat dan Isobutanol Kapasitas 15.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Ardiana Setyawardhani, S.T., M.T.
2. Dr. Ir. Endah Retno Dyartanti, M.T.
Penguji : 1. Dr. Ir. Ari Diana Susanti, S.T., M.T.
2. Dr. Bregas S. T. Sembodo, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.