Penulis Utama : Zulinda
NIM / NIP : B0118060
×

Zulinda, B0118060, 2022, Ekspresi Bahasa dan Budaya dalam Tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati (Suatu Kajian Etnolinguistik), “Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta”.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i) Apa saja ekspresi bahasa dan budaya yang berkaitan dengan tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati? dan (ii) Bagaimanakah makna kultural yang terkait dengan ekspresi bahasa dan budaya dalam tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati?. Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yakni (i) Mendeskripsikan macam-macam ekspresi bahasa dan budaya yang berkaitan dengan tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dan (ii) Mendeskripsikan makna kultural yang terkait dengan ekspresi bahasa dan budaya dalam tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa ekspresi bahasa dan budaya dari istilah-istilah di dalam upacara tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berupa tuturan dari informan tentang peristiwa tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, informan sebagai sumber data lisan dan sumber data sekunder yang berupa sumber tertulis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode distribusional (agih) dan metode padan. Teknik sampling menggunakan purpose sampling dan validitas datanya menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekspresi bahasa dan budaya dalam tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati ditemukan ekspresi verbal dan nonverbal seperti ziarah, tahlilan, sholawatan, pembacaan amanat, istighotsah, mudarosah Al-Qur’an bil ghoib, maulidun nabi, muqoddaman, manaqiban, buka lurub, khotmil Qur’an, pengajian akbar, lurub, kembang setaman, kembang telon, kembang melathi, gedhang raja, nampan, jenang ketan ireng, rokok, kopi, cangkir, bako susur, gambir, suruh, injet, godhong gedhang,  ingkung, sega, kembang mawar ngepang, dupa, dhuwit 5000, banyu putih, kijing Sunan Prawoto dan Roro Ayu Srimuryati, blumbang, hiasan tembok di makam Sunan Prawoto, gendera makam Sunan Prawoto, dan lambang-lambang yang ada di dalam logo bendera makam Sunan Prawoto. Dan makna kultural dari ekspresi bahasa dan budaya dalam tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati merupakan bentuk simbol, gambaran serta warisan yang telah diturunkan kepada anak cucu dari leluhur kita yang perlu dijaga dan dilestarikan dan yang telah dipercayai dan dilaksanakan oleh masyarakat.

Kata kunci: ekspresi bahasa dan budaya, tradisi Rajaban, Desa Prawoto, etnolinguistik.

×
Penulis Utama : Zulinda
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : B0118060
Tahun : 2022
Judul : Ekspresi Bahasa dan Budaya dalam Tradisi Rajaban di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati (Suatu Kajian Etnolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Ekspresi bahasa dan budaya, tradisi Rajaban, Desa Prawoto, etnolinguistik.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji : 1. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.