Penulis Utama : Afriyanti Agustina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai kredit pegawai berpenghasilan tetap (KRETAP) di BRI cabang Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0199013-2003
Subyek : KREDIT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kondisi perekonomian yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu pada umumnya digerakkan oleh kegiatan ekonomi masyarakat yang meningkat dan selalu diikuti dengan kebutuhan dana yang semakin besar. Pembiayaan dana ini tidak terlepas dari peranan sektor perbankan. Dalam fungsinya sebagai perantara dari masyarakat yang kelebihan dana untuk dapat disalurkan pada masyarakat yang kekurangan dana. Sektor perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara karena mengingat fungsi lembaga keuangan bukan bank masih belum berjalan secara maksimal. Sebagian dana bank adalah milik pihak ketiga sehingga harus dipilih cara yang tepat untuk memperhitungkan besarnya penggunaan dan perputaran dana, agar dana yang dipinjamkan dapat kembali sesuai dengan jangka waktu. Kebutuhan dana akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya biaya kebutuhan hidup menyebabkan sebagian dari para pegawai pemerintah yang mempunyai penghasilan yang relatif kecil dan tetap, mengalokasikan pendapatan yang akan diterima di masa yang akan datang untuk dapat digunakan mencukupi kebutuhan saat ini, yaitu dengan memakai fasilitas kredit yang ditawarkan oleh bank. Apalagi jika debitur memiliki beban tanggungan keluarga yang besar menyebabkan bagian dari pendapatan harus digunakan untuk mencukupi biaya kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Klaten menawarkan satu paket kredit khusus yang ditujukan kepada pegawai yang berpenghasilan tetap. Kredit ini dimaksudkan untuk membantu pembiayaan atau konsumsi masyarakat, seperti digunakan untuk biaya pendidikan, biaya kesehatan, pencicilan rumah, kredit mobil dan peralatan elektronik, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh faktor tingkat pendapatan, jumlah tanggungan keluarga dan jangka waktu pengembalian kredit dalam mempengaruhi nilai kredit pegawai berpenghasilan tetap di BRI cabang Klaten.

Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa tingkat pendapatan, jumlah tanggungan keluarga dan jangka waktu pengembalian kredit berpengaruh positif terhadap nilai kredit pegawai berpenghasilan tetap (Kretap) yang diambil di BRI cabang Klaten.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan unit analisis adalah para debitur Kretap dengan sampel sebesar 100 orang yang diambil dengan cara stratified random sampling yaitu dengan cara membagi populasi ke dalam kelompok-kelompok strata menurut jenis pekerjaan dengan proporsi tertentu. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program komputer eviews, sedangkan metode yang digunakan dalam analisis data adalah regresi dengan menggunakan fungsi logaritma natural (Ln).

Hasil regresi yang didapat dari analisis data adalah sebagai berikut : Ln Kre = 0,4296 + 0,9775 Ln Y + 0,1614 Ln Tangg + 0,5238 Ln JW, yang berarti bahwa tingkat pendapatan (Y) mempunyai pengaruh positif terhadap nilai kredit yang dimabil (Kre) sebesar 0,9775%, dan jumlah tanggungan keluarga (Tangg) mempunyai pengaruh yang positif sebesar 0,1614% serta jangka waktu pengembalian kredit (JW) berpengaruh positif sebesar 0,5238%. Berdasarkan uji t dan uji F, diketahui bahwa pada tingkat keyakinan 95%, variabel tingkat pendapatan, jumlah tanggungan keluarga dan jangka waktu pengembalian kredit terbukti signifikan dalam mempengaruhi nilai kredit pegawai berpenghasilan tetap yang diambil di BRI cabang Klaten baik secara individu maupun secara bersam-sama.

Berdasarkan kesimpulan dari penelitian, maka disarankan beberapa kebijakan, yaitu kebijakan pertama yang dirasa efektif adalah dengan cara meningkatkan nilai kredit yang akan disalurkan sehubungan dengan pihak bank yaitu dengan tingkat pendapatan yang telah ditentukan akan dapat mengambil kredit lebih besar daripada sebelumnya, sehingga nilai kredit yang disalurkan akan bertambah besar. Kedua, adalah untuk memperbesar jumlah kredit yang ditawarkan, maka pihak bank perlu meperbesar jangka waktu pengembalian kredit. Apabila jangka waktu pengembalian kredit semakin besar (lama), maka angsuran yang dibayar pihak debitur akan semakin kecil, demikian pula sebaliknya. Apabila angsuran yang dibayar semakin kecil, maka hal ini akan meningkatkan kemampuan debitur dalam membayar angsuran dengan jumlah yang lebih kecil.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis