Penulis Utama : Salsabilla Deslinda Amara Putri
NIM / NIP : R0218104
×

Salsabilla Deslinda Amara Putri, R0218104, 2022. Hubungan Shift Kerja, Status Gizi dan Beban Kerja Fisik dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Bagian Pressing PT Regarsport, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Latar Belakang: Kelelahan adalah salah satu faktor yang menurunkan kemampuan kerja dan daya tahan tubuh saat sedang melakukan pekerjaan. Kelelahan kerja dapat disebabkan oleh faktor shift kerja, status gizi dan beban kerja fisik. Berdasarkan hasil survei awal dapat diketahui bahwa 10% pekerja mengalami kurang lelah, 80% pekerja mengalami lelah dan 10% pekerja mengalami sangat lelah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan shift kerja, status gizi dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian pressing PT Regarsport.

 

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan desain cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 72 pekerja bagian pressing PT Regarsport dari populasi sebanyak 77 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan timbangan dan microtoise untuk mengukur status gizi dengan Indeks Massa Tubuh dan kuesioner identitas diri untuk mengetahui shift kerja serta Kuesioner Alat Ukur Perasaan Kelelahan Kerja (KAUPKK). Teknik analisis data menggunakan uji Somers’d dan Uji Regresi Logistik Ordinal.

 

Hasil : Hasil analisis bivariat dengan uji Somers’d menyatakan adanya hubungan shift kerja, status gizi dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja dengan p-value = 0,000. Hasil analisis multivariat dengan uji regresi logistik ordinal menyatakan terdapat hubungan shift kerja, status gizi dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian pressing PT Regarsport dengan variabel beban kerja fisik paling kuat hubungannya dengan kelelahan kerja dibandingkan dengan variabel shift kerja dan status gizi (OR = 33,578).

 

Simpulan: Terdapat hubungan signifikan antara shift kerja, status gizi dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian pressing PT Regarsport dengan beban kerja fisik yang memiliki hubungan paling kuat dengan kelelahan kerja.

×
Penulis Utama : Salsabilla Deslinda Amara Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218104
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Shift Kerja, Status Gizi dan Beban Kerja Fisik dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Bagian Pressing PT Regarsport
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Kelelahan kerja, shift kerja, status gizi, beban kerja fisik
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati dr., M.Kes.
2. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
Penguji : 1. Bachtiar Chahyadhi, S.ST., M.KKK
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.