Penulis Utama : Rena Maulani
NIM / NIP : C0918048
×

Rena Maulani. C0918048. 2022. Pemanfaatan Limbah Perca Kulit Untuk Fashion Jaket Wanita. Tugas Akhir : Jurusan Kriya Seni / Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Latar belakang terciptanya produk ini adalah perkembangan industri tekstil di Indonesia yang semakin hari kian meningkat, yang mengakibatkan semakin banyaknya sisa limbah seperti limbah perca kulit yang dihasilkan dari produksi tersebut juga kian meningkat yang dapat menjadi masalah terhadap lingkungan. Perca kulit dapat dimanfaatkan menjadi sebuah peluang untuk diolah kembali menjadi berbagai bentuk produk, salah satunya adalah produk fashion. Produk fashion yang dipilih ialah fashion jaket. Pemilihan produk fashion jaket didasari oleh perkembangan dan permintaan fashion jaket yang kian meningkat.
Tujuan dari perancangan ini adalah penulis memanfaatkan peluang dalam upaya pemanfaatan kembali sisa perca kulit menjadi sebuah produk fashion yang dapat digunakan kembali menjadi sebuah produk, dan dapat bermanfaat serta memiliki harga jual. Permasalahan dalam perancangan ini adalah bagaimana memvisualisasikansebuah produk fashion jaket wanita dengan perca kulit sebagai desain aplikasinya, serta kain linen sebagai material bahan kombinasinya dan bagaimana cara mengharmonisasikan kedua bahan tersebut menjadi satu kesatuan produk. Dengan menggunakan Metode Collin Clipson sebagai acuan, serta pemilihan teknik yang tepat yaitu teknik jahit dan teknik anyam yang digunakan untuk menerapkan perca pada desain aplikasinya, serta prinsip-prinsip seni rupa, dengan mempertimbangkan aspek estetis, material, teknik, fungsi, dan segmen pasar diharapkan mampu menyelesaikan masalah dalam perancangan produk tersebut.
Hasil perancangan ini mampu menjawab pemanfaatan limbah perca kulit sebagai produk yang bernilai ekonomis, mengurangi pencemaran terhadap lingkungan, dan fashionable. Hasil perancangan ini berupa produk fashion jaket wanita dengan menggunakan perca sebagai bahan material desain aplikasi serta bahan linen sebagai kombinasi, yang menghasilkan desain model fashion jaket casual dengan pemilihan warna vintage yang terdiri dari warna-warna coklat, dengan perpaduan desain yang trendy, yang cocok digunakan untuk sasaran wanita usia 25-30 tahun yang sudah memiliki penghasilan, yang kiranya mampu membeli produk tersebut, mengingat bahan baku yang digunakan ialah kulit.

 

×
Penulis Utama : Rena Maulani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0918048
Tahun : 2022
Judul : Pemanfaatan Limbah Perca Kulit Untuk Fashion Jaket Wanita
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2022
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Perca kulit, aplikasi, linen, anyam, fashion.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Darwoto, S.Sn., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Sarwono, M.Sn.
2. Dr. Sarah Rum Handayani, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.