Penulis Utama : Haidar Mutaz Anjari
NIM / NIP : I0518038
×

Tricresyl phosphate merupakan senyawa organik yang digunakan sebagai plasticizer, pelarut, dan cable coating. Pendirian pabrik tricresyl phosphate bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan 60% kebutuhan di beberapa negara Asia. Pabrik dirancang dengan kapasitas 16.000 ton/tahun yang direncanakan beroperasi pada tahun 2026 di Kawasan Industri Gresik JIIPE, Jawa Timur. Satu kg produk tricresyl phosphate membutuhkan 0,97 kg cresol, 0,44 kg phosphorus oxychloride, 0,04 kg NaOH, dan menghasilkan 0,97 kg larutan HCl 30%, serta limbah cair sebanyak 1,05 kg.

Tricresyl phosphate diproduksi melalui reaksi substitusi atom hidrogen dengan gugus PO dari POCl3 dan cresol. Reaksi berlangsung di reaktor alir tangki berpengaduk pada suhu 140°C, tekanan 3,5 bar, konversi reaksi 90%, dan kondisi reaktor adalah isotermal. Pemurnian produk dilakukan dalam neutralizer, dekanter, dan menara distilasi. Hasil atas menara distilasi akan di-recycle ke reaktor, sedangkan hasil bawah menara distilasi adalah produk utama berupa tricresyl phospate 99%.

Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air (0,005 m3/kg produk) yang berasal dari Kawasan Industri Gresik JIIPE, unit pengadaan steam (2,549 kg/kg produk), udara tekan (0,07 m3/kg produk), tenaga listrik (0,068 kW/kg produk) berasal dari PLN. Terdapat pula laboratorium untuk mengontrol mutu bahan baku dan produk menggunakan alat GC-MS, hidrometer, viskometer, GCECD serta unit pengolahan limbah untuk mengelola limbah sesuai spesifikasi yang diinginkan.

Pabrik tricresyl phosphate berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff, didasarkan pada pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non-shift. Jumlah karyawan dalam pengoperasian pabrik ini sebanyak 142 orang. Pabrik dilengkapi dengan keamanan dan keselamatan kerja untuk menciptakan kondisi yang aman bagi lingkungan kerja, seperti pengadaan APD, safety induction, dan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Hasil analisis ekonomi menyimpulkan pabrik ini layak didirikan. Biaya produksi pabrik sebesar Rp67.128.050,88/ton produk dan keuntungan yang didapatkan sebesar Rp11.582.302,79/ton produk. Analisis profitabilitas nondiscounted menunjukkan nilai Payback Period selama 1,02 tahun, Cummulative Cash Ratio sebesar 3,48, Rate of Return on Investment sebesar 95,36%, dan Cummulative Cash Position sebesar Rp1.324.447.316.226,43. Berdasarkan analisis profitabilitas discounted diperoleh nilai Discounted Payback Period selama 1,93 tahun, Present Value Ratio sebesar 2,14, Discounted Cash Flow Rate of Return sebesar 24,70%, dan Net Present Value sebesar Rp534.925.784.426,05. Evaluasi resiko dalam perhitungan profitabilitas didapatkan nilai Break Event Point sebesar 46,66% dan Shut Down Point sebesar 34,69%.

×
Penulis Utama : Haidar Mutaz Anjari
Penulis Tambahan : 1. Widya Nur Ramadhani
NIM / NIP : I0518038
Tahun : 2022
Judul : Prarancangan Pabrik Tricresyl Phosphate dari Cresol dan Phosphorus Oxychoride Kapasitas 16.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tricresyl phosphate, Cresol, Phosphorus oxychloride
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Paryanto, M.S.
2. Dr. Dwi Ardiana Setyawardhani, S.T., M.T.
Penguji : 1. Ir. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T., Ph.D. IPM
2. Anatta Wahyu Budiman, S.T., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.