Penulis Utama : Mohammad Fajar
NIM / NIP : B0118035
×

Mohammad Fajar. B0118035. 2022. Referensi Pronomina Demonstratif Temporal dan Lokasional Bahasa Jawa pada Novel Srengenge Tengange Karya Narko “Sodrun” Budiman (Suatu Kajian Wacana). Skripsi: Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

           

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk referensi pronomina demonstratif temporal bahasa Jawa pada novel ST karya NSB? (2) bagaimanakah bentuk referensi pronomina demonstratif lokasional bahasa Jawa pada novel ST karya NSB? (3) bagaimanakah relevansi pronomina demonstratif temporal dan lokasional bahasa Jawa dengan setting waktu dan tempat pada novel ST karya NSB?

            Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk referensi pronomina demonstratif temporal bahasa Jawa pada novel ST karya NSB; (2) mendeskripsikan bentuk referensi pronomina demonstratif lokasional bahasa Jawa pada novel ST karya NSB; (3) mendeskripsikan relevansi pronomina demonstratif temporal dan lokasional bahasa Jawa dengan setting waktu dan tempat pada novel ST karya NSB.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian dasar (basic research) dengan taraf penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah narasi dan dialog antar tokoh di dalam novel ST karya NSB yang di dalamnya terdapat referensi pronomina demonstratif temporal dan referensi pronomina demonstratif lokasional. Sumber data pada penelitian ini adalah novel ST karya NSB diterbitkan pada tahun 2016 oleh penerbit Azzagrafika Yogyakarta terdiri dari 23 bab dan 137 halaman. Metode dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode agih. Teknik yang digunakan adalah teknik dasar bagi unsur langsung (BUL) dengan teknik lanjutan berupa teknik lesap dan teknik ganti. Metode penyajian hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan metode informal dan formal.

            Berdasarkan analisis data dapat diambil tiga kesimpulan sebagai berikut. (1) Bentuk referensi pronomina demonstratif temporal yang sering digunakan dalam novel ST karya NSB adalah referensi pronomina demonstratif temporal kini. (2) Bentuk referensi pronomina demonstratif lokasional yang sering digunakan dalam novel ST karya NSB adalah referensi pronomina demonstratif lokasional eksplisit. (3) Pengarang novel ST sering menggunakan pronomina demonstratif temporal kini untuk menerangan setting waktu dan sering menggunakan pronomina demonstratif lokasional secara eksplisit untuk menerangkan setting tempat.

×
Penulis Utama : Mohammad Fajar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118035
Tahun : 2022
Judul : Referensi Pronomina Demonstratif Temporal dan Lokasional Bahasa Jawa pada Novel Srengenge Tengange Karya Narko “Sodrun” Budiman (Suatu Kajian Wacana)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : referensi pronomina demonstratif temporal dan lokasional, relevansi, novel Srengenge Tengange, Narko “Sodrun” Budiman, wacana
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Penguji : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.