Penulis Utama : Monikarlina Nur Hidayah
NIM / NIP : B0118036
×

Monikarlina Nur Hidayah. B0118036. 2022. Geguritan Karya Dedek Wiratno Dalam Anggara Kasih 4 (Suatu Kajian Stilistika). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) apa sajakah aspek gaya bahasa dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4? (2) bagaimanakah diksi atau pilihan kata dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4? (3) bagaimanakah penggunaan aspek bunyi bahasa dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan aspek gaya bahasa dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4, (2) Mendeskripsikan diksi atau pilihan kata dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4, (3) mendeskripsikan penggunaan aspek bunyi bahasa dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah satuan lingual yang mengandung gaya bahasa, diksi, dan aspek bunyi dalam geguritan karya Dedek Wiratno. Sumber data penelitian ini adalah geguritan Karya Dedek Wiratno dalam buku antologi geguritan Anggara Kasih 4. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, dengan tenik catat. Metode yang digunakan untuk menganalisi data adalah metode distribusional dan metode padan. Metode distribusional menggunakan teknik dasar BUL (Bagi Unsur Langsung). Sedangkan metode padan menggunakan teknik PUP (Pilah Unsur Penentu).

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aspek-aspek stilistika dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4, ditemukan adanya pemakaian gaya bahasa adalah (1) anafora, (2) personifikasi, (3) simile, (4) erotesis, (5) antitesis, (6) mesodiplosis, (7) epizeuksis, dan (8) paronomasia. Diksi dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4 adalah (1) sinonim, (2) antonim, (3) tembung plutan, (4) tembung camboran, (5) idiom, (6) bentuk-bentuk literer berafiks dan reduplikasi yang mencakup dwilingga dan dwipurwa. Aspek bunyi dalam geguritan karya Dedek Wiratno dalam antologi geguritan Anggara Kasih 4 adalah asonansi (purwakanthi swara), aliterasi (purwakanthi sastra), dan lumaksita (purwakanthi basa).

×
Penulis Utama : Monikarlina Nur Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118036
Tahun : 2022
Judul : Geguritan Karya Dedek Wiratno dalam "Antologi Anggara Kasih 4" (Suatu Kajian Stilistika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Kata Kunci: Stilistika, Geguritan, Gaya Bahasa, Diksi, Aspek Bunyi Bahasa.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Wakit A. Rais, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.