Penulis Utama : Winnita Sherlynda Santyari
NIM / NIP : H0418085
×

Program IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program) merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi. Program IPDMIP diharapkan dapat merealisasikan potensi pengurangan kemiskinan pertanian beririgasi dan mendukung tercapainya swasembada beras sesuai program Nawacita Pemerintah Indonesia. Namun dalam keberjalanan program IPDMIP di Kecamatan Margorejo perlu dikaji mengenai manfaat dan penilaian dari sudut pandang petani khususnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai persepsi petani terhadap sekolah lapang dalam Program IPDMIP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pembentuk persepsi petani, mengetahui tingkat persepsi petani, menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal pembentuk persepsi dengan persepsi petani terhadap kegiatan sekolah lapang dalam Program IPDMIP.

Metode dasar penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive di Kecamatan Margorejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan responden diambil sebanyak 60 petani peserta sekolah lapang. Analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pembentuk persepsi petani terhadap sekolah lapang dalam Program IPDMIP adalah usia dengan kategori muda, pendidikan formal dengan kategori sangat rendah, pendidikan nonformal dengan kategori rendah, pengalaman berusaha tani dengan kategori sangat lama, luas lahan dengan kategori tidak luas, pendapatan dengan kategori sangat rendah, dan faktor ekternal yaitu lingkungan sosial dengan kategori sangat baik, keterlibatan petani dalam kelompok tani dengan kategori jarang dan sering serta peran penyuluh lapang dengan kategori sangat baik. Persepsi petani dilihat dari aspek persepsi tentang manfaat program IPDMIP, kegiatan sekolah lapang IPDMIP dan inovasi teknologi masuk dalam kategori baik. Faktor internal dan eksternal pembentuk persepsi yang memiliki hubungan signifikan dengan persepsi petani terhadap sekolah lapang dalam Program IPDMIP adalah umur, pendidikan formal, luas lahan, pendapatan, lingkungan sosial, dan peran penyuluh pertanian lapang, sedangkan tidak memiliki hubungan signifikan adalah pendidikan non formal, pengalaman pribadi, dan keterlibatan petani dalam kelompok.

×
Penulis Utama : Winnita Sherlynda Santyari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0418085
Tahun : 2022
Judul : PERSEPSI PETANI TERHADAP SEKOLAH LAPANG DALAM PROGRAM IPDMIP (INTEGRATED PARTICIPATORY DEVELOPMENT AND MANAGEMENT IRRIGATION PROGRAM) DI KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Persepsi, Sekolah Lapang, Program IPDMIP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsep/article/view/20796
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si.
2. Putri Permatasari, S.P., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.