Penulis Utama : Darin Ayu Linda
NIM / NIP : R0218030
×

Darin Ayu Linda, R0218030, 2022. Hubungan Kelelahan Kerja Dengan Minor Injury Pada Pekerja Bagian Pemindahan Barang Di Gudang PT X Purworejo. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang : Kegiatan pemindahan barang terdiri dari penerimaan barang (receiving), proses pemindahan barang dari truck pengangkut/kontainer ke gudang penyimpanan (put way), proses pemindahan barang untuk proses pengiriman (customer order picking), dan proses pengepakan barang yang akan dikirim ke konsumen (packing). Dalam proses pemindahan barang dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan alat kerja. Terjadinya kecelakaan kerja karena adanya potensi bahaya yang berasal dari kelalaian kerja, kondisi lingkungan kerja tidak aman, dan cara kerja yang salah dalam proses pemindahan barang. Kecelakaan kerja ringan atau minor injury merupakan kecelakaan kerja yang menyebabkan terjadinya cidera ringan yang dialami oleh pekerja saat bekerja dan tidak menyebabkan kehilangan hari kerja lebih dari 2 x 24 jam. Kelelahan akibat kerja seringkali menyebabkan kecelakaan kerja karena kelelahan kerja berdampak terjadinya penurunan konsentrasi sehingga pekerja sulit mengenali bahaya yang ada di area kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelelahan kerja dengan minor injury pada pekerja bagian pemindahan barang.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 50 pekerja bagian pemindahan barang pada gudang PT X di Purworejo Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling , sehingga di dapatkan sampel penelitian sejumlah 50 responden. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan kuisioner IFRC untuk mengukur tingkat kelelahan kerja dan kuisioner pengukuran kekerapan kejadian minor injury. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Somers’d.
Hasil : Hasil uji statistik menggunakan uji Somers’d dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar p = 0.0005 ( p < 0 xss=removed>Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kelelahan kerja dengan minor injury pada pekerja bagian pemindahan barang di Gudang PT X Purworejo. 

Kata Kunci : Kelelahan Kerja, Minor injury

×
Penulis Utama : Darin Ayu Linda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218030
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Kelelahan Kerja Dengan Minor Injury Pada Pekerja Bagian Pemindahan Barang Di Gudang PT X Daerah Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kelelahan Kerja, Minor Injury
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lusi Ismayenti, ST., M.Kes
2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep.Ns.,M.Kes
Penguji : 1. Dr. Sumardiyono, S.K.M.,M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.