Penulis Utama : Fika Nurhasanah
NIM / NIP : R0218047
×

Fika Nurhasanah, R0218047, 2022. Hubungan Kedisiplinan Pemakaian APD dan Pengetahuan K3 dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Pekerja Bagian Pembahanan PT Prima Wana Kreasi Wood Industry. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tahun 2020, angka kecelakaan kerja meningkat sebesar 43,63%, dari tahun 2019 sebanyak 114.235 kasus meningkat menjadi 177.161 kasus di tahun 2020. Kecelakaan kerja dipengaruhi oleh faktor tindakan tidak aman (unsafe act) dan kondisi tidak aman (unsafe condition). Tingkat kedisiplinan pemakaian APD dan pengetahuan K3 yang rendah dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan pemakaian APD dan pengetahuan K3 dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja bagian pembahanan PT Prima Wana Kreasi Wood Industry.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden merupakan pekerja bagian pembahanan PT Prima Wana Kreasi Wood Industry sejumlah 62 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner pengetahuan K3 dan kejadian kecelakaan kerja, checklist kedisiplinan pemakaian APD, Ethical Clearance (EC) dari KEPK UNSOED No. 745/EC/KEPK/V/2022, dan Informed Consent. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji somers’d untuk analisis bivariat dan uji regresi logistik untuk analisis multivariat.

Hasil : Hasil uji bivariat dengan uji somers’d diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan pemakaian APD dengan kejadian kecelakaan kerja (p = 0,000; r = -0,456). Dengan uji yang sama, terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan K3 dengan kejadian kecelakaan kerja (p = 0,000; r = -0,678). Uji multivariat dengan uji regresi logistik menunjukkan bahwa kedisiplinan pemakaian APD dan pengetahuan K3 sama-sama berpengaruh terhadap kejadian kecelakaan kerja, dan diketahui kedisiplinan pemakaian APD memiliki kekuatan pengaruh yang lebih besar dibandingkan pengetahuan K3 terhadap kejadian kecelakaan kerja (p = 0,000 ; OR = 0,467; p = 0,000 ; OR = 0,048).

Simpulan : Terdapat hubungan kedisiplinan pemakaian APD dan pengetahuan K3 dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja bagian pembahanan PT Prima Wana Kreasi Wood Industry.

×
Penulis Utama : Fika Nurhasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218047
Tahun : 2022
Judul : HUBUNGAN KEDISIPLINAN PEMAKAIAN APD DAN PENGETAHUAN K3 DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PEMBAHANAN PT PRIMA WANA KREASI WOOD INDUSTRY
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kedisiplinan Pemakaian APD, Pengetahuan K3, Kejadian Kecelakaan Kerja
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, SKM, M.Si.
2. Dr. Yulia Sari, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. Ratna Fajariani, SST., M.KKK
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.