Penulis Utama : Dafiq Wildan Athoriq
NIM / NIP : I8217007
×

Dafiq Wildan Athoriq., 2022. Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan, dengan Metode Analisa Komponen Beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Grompol-Jambangan, Kabupaten Karanganyar STA 0+000 – 2+000.  Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Teknik Sipil Transportasi, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Ruas Jalan Grompol-Jambangan, Kabupaten Karanganyar merupakan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar dengan Kecamatan Masaran, Sragen. Jalan Grompol-Jambangan menghubungkan beberapa fungsi lahan seperti pasar dan sekolah sehingga volume lalu lintas meningkat, dengan kondisi seperti itu maka kualitas perkerasan jalan mengalami beberapa kerusakan. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi perbaikan jalan agar jalan dapat kembali memenuhi syarat dan dapat digunakan kembali dengan baik.

 

Pengamatan yang dilakukan pada ruas Jalan Grompol-Jambangan, Kabupaten Karanganyar dengan panjang jalan 2 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudian, tiap segmen jalan dilakukan pengamatan (secara visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI. Kemudian dilakukan perbaikan dengan metode perbaikan standar Dirjen Bina Marga tahun 1995. Dan selanjutnya adalah evaluasi perkerasan jalan, pemeliharaan, dan peningkatan dengan metode analisa komponen beserta Rencana Anggaran Biaya ruas jalan. Sehingga pelayanan ruas jalan tersebut meningkat dan dapat digunakan dengan baik oleh semua penguna jalan.

 

Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa Alligator Cracking, Longitudinal Cracking, Edge Cracking, Depression, Potholes dan raveling. Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu pengisian retak, laburan aspal setempat, dan penambalan. Nilai Rata-Rata PCI Pada Tiap Segmen Ruas Jalan Grompol-Jambangan, Kabupaten Karanganyar STA 0+000-2+000 Adalah 47,175 dan Dikategorikan Poor.  Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan daya dukung tanah dilakukan perencanaan tebal lapisan ulang sesuai dengan umur rencana yaitu 10 tahun. Durasi waktu pekerjaan pada ruas Jalan Grompol-Jambangan, Kabupaten Karanganyar, adalah 14 hari. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms.744. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan & peningkatan mutu pada ruas Jalan Grompol-Jambangan, Kabupaten Karanganyar STA 0+000 – 2+000 tahun 2022 adalah Rp. 1.856.285.000,00

 

Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), Pemeliharaan & Peningkatan, RAB.

×
Penulis Utama : Dafiq Wildan Athoriq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8217007
Tahun : 2022
Judul : Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan, Dengan Metode Analisa Komponen Beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Grompol-Jambangan, Kabupaten Karanganyar STA 0+000 - 2+000
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pavement Condition Index (PCI), Pemeliharaan & Peningkatan, RAB.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. SLAMET JAUHARI LEGOWO, S.T.,M.T.
Penguji : 1. SLAMET JAUHARI LEGOWO, S.T.,M.T.
2. Ir. AGUS SUMARSONO, M.T.
3. KHOLIS HAPSARI PRATIWI, S.T.,M.T.,M.Sc.
Catatan Umum : EVALUASI BESERTA PERHITUNGAN ANGGARAN UNTUK PERBAIKAN JALAN
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.