Penulis Utama : Adindha Karunia Ciptaning Pragowoaji
NIM / NIP : I0318001
×

Dalam era digital yang mendukung percepatan pertukaran informasi, termasuk informasi terkait pasar tenaga kerja, Perguruan Tinggi dapat mengambil peran sebagai penghubung antara mahasiswa dengan industri dan institusi yang membutuhkan talenta baru. Peran ini dinyatakan oleh Universitas Sebelas Maret dengan menyediakan layanan pengembangan karier melalui lembaga Career Development Center (CDC) UNS dan peluncuran website cdc.uns.ac.id. Website tersebut dirancang untuk menyalurkan informasi terkait pasar kerja dan pengembangan karier kepada mahasiswa serta alumni UNS. Guna mengetahui kemampuan website dalam mengakomodasi kebutuhan pengguna, evaluasi user experience (UX) yang melibatkan pikiran, perasaan, serta persepsi pengguna saat menggunakan website perlu dilakukan.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi UX adalah self-reported measurement method dengan menggunakan kuesioner yang terstandardisasi seperti User Experience Questionnaire (UEQ). Kuesioner UEQ dinilai dapat memberikan hasil pengukuran yang komprehensif terhadap pengalmaan pengguna karena melibatkan tiga aspek yaitu attractiveness (variabel attractiveness), pragmatic quality (variabel perspicuity, efficiency, dan dependability), dan hedonic quality (variabel stimulation dan novelty). Tidak hanya mempertimbangkan kemampuan pengguna dalam penyelesaian tugas, UEQ juga mempertimbangkan pemenuhan emosi pengguna dan daya tarik website. UEQ terstruktur atas 26 item pertanyaan yang berbentuk seven-stage semantic differential sehingga dua istilah yang disajikan memiliki makna yang saling berlawanan. Tersedia pula data benchmark yang bersisi data-data berbagai produk yang telah dievaluasi dengan UEQ untuk membantu proses analisis hasil. Dalam penelitian ini, wawancara pengguna juga dilakukan guna mengetahui alasan penilaian pengguna terhadap setiap variabel dengan lebih mandalam.

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa setiap variabel pada aspek attractiveness dan pragmatic quality memperoleh impresi positif. Sedangkan variabel stimulation dan novelty pada aspek hedonic quality memperoleh impresi netral. Berdasarkan wawancara, pengguna menilai informasi lowongan kerja yang tersedia pada website CDC UNS masih kurang dari segi kuantitas dan variasi. Pengguna juga tidak menemukan aspek kebaruan dari segi tampilan website.

×
Penulis Utama : Adindha Karunia Ciptaning Pragowoaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0318001
Tahun : 2022
Judul : EVALUASI USER EXPERIENCE WEBSITE CAREER DEVELOPMENT CENTER UNS MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : User Experience, Website Evaluation, Career Development Center, UEQ, Interview
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irwan Iftadi, S.T., M.Eng.
2. Rahmaniyah Dwi Astuti, S.T., M.T.
Penguji : 1. Yuniaristanto, S.T., M.T.
2. Yusuf Priyandari S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.