Penulis Utama : Abdurroofi' Arridho
NIM / NIP : B0415002
×

ABSTRAK

Abdurroofi’ Arridho. B0415002. 2021. Dinamika Organisasi Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Dalam Penegakan Hukum di Indonesia Tahun 2007-2017. Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) Latar Belakang Berdirinya ICJR. (2) Perkembangan dan Aktivitas ICJR Tahun 2007-2017. (3) Eksistensi ICJR dalam Penegakan Hukum di Indonesia Tahun 2007-2017.

Penelitian ini merupakan penelitian historis dengan menggunakan metode sejarah, yang meliputi heuristik (studi dokumen dan studi pustaka), kritik sumber, interpretasi, historiogafi. Sumber penelitian didapatkan dari arsip, dokumen organisasi, serta buku-buku, jurnal dan penelitian terdahulu yang berkaitan. Data yang terkumpul kemudian dikritik untuk mendapat kredibilitas atau keasliannya. Data tersebut kemudian dianalisis dan disusun dalam sebuah historiografi.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dari berbagai sumber yang telah didapat bahwa ICJR sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat di bidang hukum merupakan pihak yang menjadi aspek untuk mewujudkan pemerintahan yang stabil di negara demokrasi dan dalam penegakan hukum di Indonesia. ICJR dengan kajian riset advokasi independen, pelatihan HAM dan bantuan litigasi yang bergerak di bidang hukum sejak tahun 2007 berupaya mewujudkan reformasi hukum dan sistem peradilan pidana yang berlandaskan Hak Asasi Manusia. Keberadaan ICJR dalam peranannya juga melibatkan lembaga lain memberikan perubahan dalam bentuk penelitian dan pendampingan hukum di Indonesia.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdirinya ICJR yaitu sebagai bentuk kepedulian organisasi terhadap hukum di Indonesia pasca reformasi, yang pada perkembangannya mengalami berbagai masalah yang kompleks. Perkembangan dan aktivitas ICJR dalam bidang hukum berusaha mewujudkan reformasi dalam hukum dan sistem peradilan pidana di Indonesia yang merupakan bagian dari sejarah Indonesia. Eksistensi ICJR diwujudkan dengan program-program dalam bidang hukum seperti riset advokasi, pelatihan Hak Asasi Manusia, dan bantuan litigasi yang telah dilakukan pada Tahun 2007-2017. 

×
Penulis Utama : Abdurroofi' Arridho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415002
Tahun : 2021
Judul : DINAMIKA ORGANISASI INSTITUTE FOR CRIMINAL JUSTICE REFORM (ICJR) DALAM PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA TAHUN 2007 – 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : ICJR, Penegakan Hukum, Sistem Peradilan Pidana.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiwuk Kusuma Hastuti,S.S,M.Hum
2. Insiwi Febriary Setiasih,S.S,M.A.
Penguji : 1. Tiwuk Kusuma Hastuti,S.S,M.Hum
2. Insiwi Febriary Setiasih,S.S,M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.