Penulis Utama : Siti Zubaida
Penulis Tambahan : 1. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S.
2. Putri Permatasari, S.P., M.Si.
NIM / NIP : H0417072
Tahun : 2022
Judul : PERAN MODAL SOSIAL PADA KELOMPOK TANI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PERLUASAN AREAL TANAM BARU (PATB) PADI DI DESA POLOKARTO, KECAMATAN POLOKARTO, KABUPATEN SUKOHARJO
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Siti Zubaida. H0417072. “Peran Modal Sosial Pada Kelompok Tani Dalam Pelaksanaan Program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) Padi Di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo”. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S. dan Putri Permatasari, S.P., M.Si. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret

Program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi merupakan program dari pemerintah yang sengaja dibuat karena adanya wabah virus Covid-19 melalui SK (Surat Keputusan) Nomor: 183/HK.310/C/8/2020. Tujuan dari program PATB padi yaitu membuka lahan baru untuk ditanami padi agar mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan saat adanya virus Covid-19. Sasaran dari program PATB padi ini adalah kelompok tani. Modal sosial berperan penting pada kelompok tani dalam pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi. Desa Polokarto memiliki dua kelompok tani yang sesuai dengan kriteria untuk bisa mendapatkan program PATB padi yaitu kelompok tani Marsudi Mulyo I dan Ngudi Rejeki II. Luas lahan yang dijadikan sebagai lokasi program PATB padi yaitu 40 ha. Bantuan yang didapatkan dari program PATB padi ini yaitu benih padi, pupuk NPK, herbisida, pestisida, pupuk hayati, dan sumur.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peran modal sosial pada kelompok tani dalam pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo serta mengetahui dampak dari pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi dalam aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo dengan penentuan informan secara Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Data Interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komponen modal sosial yang berkembang pada kelompok tani di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo meliputi kepercayaan, norma sosial, jaringan sosial, kepemimpinan, gotong royong, dan partisipasi dalam jaringan. Modal sosial berperan dalam pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi, membentuk nilai-nilai sosial seperti kepercayaan, norma sosial, jaringan sosial, kepemimpinan, gotong royong, partisipasi dalam jaringan, sehingga program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi terlaksana dengan baik. Dampak yang timbul dari pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi adalah dampak yang positif yaitu di bidang sosial petani menjadi lebih akrab karena sering bertemu dan meningkatnya kegiatan gotong royong. Dampak di ekonomi yaitu petani mendapatkan modal untuk membongkar lahan.

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover_compressed.pdf
BAB I_compressed.pdf
BAB II_compressed.pdf
BAB III_compressed.pdf
BAB IV_compressed.pdf
BAB V_compressed.pdf
BAB VI_compressed.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S.
2. Putri Permatasari, S.P., M.Si.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Pertanian