1 sehingga kurang efektif dalam mengurangi kerugian akibat banjir dan kekeringanKata Kunci: Beras, Asuransi Pertanian, Aktor/Stakholder, Efektivitas, Bencana " /> Penilaian Kebijakan Asuransi Pertanian dalam Usaha Mengurangi Risiko Gagal Panen (Kasus Daerah Rawan Bencana di Kabupaten Cilacap) 1 sehingga kurang efektif dalam mengurangi kerugian akibat banjir dan kekeringanKata Kunci: Beras, Asuransi Pertanian, Aktor/Stakholder, Efektivitas, Bencana " />

Penulis Utama : Unggul Pramukti
NIM / NIP : S 4219080023
×

Indonesia pernah menjadi negara agraris dan menjadi negara swasembada beras. Beras adalah makanan pokok penduduk Indonesia, fluktuasi harga beras sebagai bahan pangan merupakan faktor terbesar penyebab inflasi di Indonesia. Peningkatan jumlah penduduk menstimulasi peningkatan kebutuhan terhadap pangan. Namun, unit usaha pertanian merupakan usaha dengan ketidakpastian yang besar. Akar dari risiko eksternal dan ketidakpastian yang tidak bisa diatur oleh petani berpangkal dari bahaya alam atau hama tanaman. Kondisi Geologi dan Geografis di era perubahan iklim, Indonesia sangat berpotensi mengalami bencana. Kebijakan pemerintah untuk mengurangi risiko kerugian di sektor pertanian akibat bencana melalui program "Asuransi Pengelolaan Petani Padi". Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Kebijakan Asurnasi pertanian menanggung risiko gagal panen dari banjir, kekeringan dan serangan organisme pengangu tanaman. Keberhasilan program Asuransi Usaha Tani Padi yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian tergantung dari dukungan dan peran aktif stakeholder baik pusat maupun daerah. Kebijakan asurnasi pertanian diluncurkan pada tahun 2015 atau sudah berumur 5 tahun sehingga perlu adanya kajian efektivitas kebijakan asurnasi pertanian tersebut. Kajian efektivitas ini untuk melihat keberhasilan atau kegagalan asurnasi pertanian dalam melindungi petani dari gagal panen. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikasi mengenai efektivitas asuransi mengurangi kerugia. Penelitian ini bertujuan memetakan lokasi sawah yang memiliki rawan bencan banjir dan kekeringan, sejauh mana efektivitas asurnasi untuk mengurangi kerugian di kabupaten Cilacap dan hubungan stakeholder/aktor yang berperan dalam program asurnasi pertanian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembobotan untuk mencari lokasi sawah yang beresiko banjir dan kekeringan, in depth interview untuk mengetahui hubungan antar aktor/stakeholder dan kuisioner untuk mengetahui efektivitas asurnasi. Pertimbangan pemilihan lokasi kabupaten cilacap dikarenakan kabupaten cilacap merupakan salah satu lumbung pangan Provinsi Jawa Tengah namun, memiliki potensi bencana yang besar. Metode pengambilan sampel adalah purposive random sampling dengan jumlah sampel 68 untuk efektivitas asuransi, sedangan informan berjumlah 6 aktor/stakeholder.
Hasil penelitian menunjukan Lokasi lahan sawah yang memiliki keraawanan banjir dengan katagori tinggi berada di Kec. Kampunglaut, Kec. Patimuan, Kec. Kawunganten, Kec. Maos, Kec. Sampang dan Kec. Majenang, sedangkan lahan sawah yang memiliki kerawanan kekeringan berada di hampir seluruh wilayah Kabupaten Cilacap dengan katagori sedang. Kementerian pertanian ke Petani asuransi dan Dinas Kabupaten memiliki hubungan yang kuat dengan nilai konvergensi 17 dan 17,5. Konvergensi yang lemah terjadi pada petani yang belum pernah mengikuti asurnasi  dan PT. PT. Jasindo dengan nilai konvergensi 5. Asuransi Pertanian memiliki efektivitas dari segi ketapatan tujuan, ketepatan manfaat dan ketepatan sasaran. Namun, secara perhitungan cost efectivness asuransi pertanian bernilai >1 sehingga kurang efektif dalam mengurangi kerugian akibat banjir dan kekeringan

Kata Kunci: Beras, Asuransi Pertanian, Aktor/Stakholder, Efektivitas, Bencana

 

×
Penulis Utama : Unggul Pramukti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S 4219080023
Tahun : 2021
Judul : Penilaian Kebijakan Asuransi Pertanian dalam Usaha Mengurangi Risiko Gagal Panen (Kasus Daerah Rawan Bencana di Kabupaten Cilacap)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S4219080023
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M.Si.
2. Dr. Evi Gravitiani, S.E., M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.Si.
2. Dr. Suryanto, S.E., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.