Penulis Utama : Fahri Setyo Utomo
NIM / NIP : B0118016
×

Fahri Setyo Utomo. B0118016. 2022. Sikap Kepemimpinan Raden Adipati Cakranagara I Dalam Naskah Cariyos Lelampahan Ing Purwareja (Bagelen) (Pendekatan Psikologi Sosial Dan Sosiologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun isi naskah SCLP menurut teori struktural strata norma Roman Ingarden yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek (latar dan pelaku), lapis dunia dan lapis metafisis; 2) Menjabarkan Sikap kepemimpinan Bupati RA Cakranagara 1 pada naskah SCLP dengan pendekatan teori Psikologi Sosial David G. Myers; 3) Menjabarkan pengaruh dari Sikap kepemimpinan Bupati RA Cakranagara 1 dalam SCLP terhadap terbentuknya aspek-aspek kehidupan sosial masyarakat dengan pendekatan Sosiologi Sastra Wellek dan Werren.

Landasan teori yang digunakan adalah pendekatan struktural puisi Roman Ingarden, teori psikologi sosial David G. Myers, teori sosiologi sastra Wellek dan Werren. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa naskah SCLP yang telah diteliti secara filologis oleh kelompok KMM Sastra Daerah 2018 di YASRI Surakarta. Data penelitian ini adalah unsur struktural dalam naskah SCLP yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia dan lapis metafisis. Sikap kepemimpinan RA Cakranagara 1 dengan menggunakan teori psikologi sosial David G. Myers, dan aspek-aspek sosial masyarakat yang dipengaruhi sikap kepemimpinan RA Cakranagara 1 dengan menggunakan sosiologi sastra Wellek dan Werren. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, teknik catat dan teknik content analisys (analisis isi).

Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: 1) Naskah SCLP memuat unsur strukur sastra yang lengkap dengan pendekatan teori struktur puisi Roman Ingarden serta dinyatakan layak sebagi tembang macapat yang disetarakan puisi jawa; 2) Sikap RA Cakranagara dalam naskah SCLP menunjukan pemimpin Jawa masa lalu yang baik berdasarkan pendekatan teori Psikologi Sosial David G. Myers; 3) Aspek-aspek sosial terbentuk karena interaksi dengan sikap kepemimpinan RA Cakranagara, sehingga kehidupan masyarakat Purwareja menjadi lebih baik dengan pendekatan teori Sosiologi Sosial Wellek dan Werren.

×
Penulis Utama : Fahri Setyo Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118016
Tahun : 2022
Judul : SIKAP KEPEMIMPINAN RADEN ADIPATI CAKRANAGARA I DALAM NASKAH SERAT CARIYOS LELAMPAHAN ING PURWAREJA (BAGELEN) (PENDEKATAN PSIKOLOGI SOSIAL DAN SOSIOLOGI SASTRA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Naskah SCLP, Sikap kepemimpinan, Struktural, Psikologi Sosial, Sosiologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Penguji : 1. Prof. Sahid Teguh W, M.Hum., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.