Penulis Utama : Nadia Salma Tuffahati
NIM / NIP : D1519062
×

ABSTRAK

Nadia Salma Tuffahati. D1519062. Prosedur Sertifikasi Kompetensi Pekerja Subsektor Migas di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Cepu. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.2022

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi bertugas melakukan pengembangan sumber daya manusia di bidang minyak dan gas bumi. Upaya dalam mengembangkan sumber daya manusia adalah dengan memberikan layanan sertifikasi kompetensi bagi pekerja di sektor minyak dan gas bumi. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui Prosedur Sertifikasi Kompetensi Pekerja Subsektor Migas di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Cepu. Pentingnya sertifikasi kompetensi bagi pekerja di bidang minyak dan gas bumi menyebabkan banyaknya peserta yang mengikuti sehingga peserta perlu memahami prosedur yang ditetapkan.

Jenis pengamatan yang dilakukan pada Tugas Akhir ini yaitu jenis pengamatan kualitatif dengan mengkaji permasalahan secara menyeluruh dan mendalam, sehingga menghasilkan data dalam bentuk deskriptif atau kata-kata. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi dengan mengamati prosedur atau alur yang harus dilakukan untuk mengikuti sertifikasi kompetensi serta melakukan wawancara dengan pihak yang bersangkutan.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa terdapat prosedur yang harus dilakukan bagi masyarakat yang ingin mengikuti sertifikasi kompetensi mulai dari menyiapkan berkas persyaratan pendaftaran, melakukan pendaftaran sertifikasi, melakukan pembayaran sertifikasi, ujian sertifikasi, dan menerima pengumuman hasil ujian sertifikasi sesuai dengan alur yang ditetapkan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Cepu. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi pekerja subsektor migas sangat penting untuk membuktikan keahlian para pekerja maupun calon pekerja di bidang minyak dan gas bumi. Dalam pelaksanaan sertifikasi juga terdapat beberapa kendala yang terjadi seperti kurangnya pemahaman masyarakat tentang prosedur yang harus dilakukkan, sehingga penting bagi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Cepu untuk memberikan pelayanan yang layak agar tidak menghambat proses sertifikasi.

 

 

Kata Kunci: Prosedur, Sertifikasi Kompetensi, Pekerja, Migas

×
Penulis Utama : Nadia Salma Tuffahati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519062
Tahun : 2022
Judul : Prosedur Sertifikasi Kompetensi Pekerja Subsektor Migas di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Cepu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Prosedur, Sertifikasi Kompetensi, Pekerja, Migas
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ida Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M.
Penguji : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si.
2. Ida Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.