Penulis Utama : Aditya Putra Permana
NIM / NIP : I0117005
×

Aditya Putra P., 2022. Penerapan Analisis Konsep Nilai Hasil pada Proyek Pembangunan Gedung Dinas Perhubungan Surakarta Menggunakan Aplikasi Primavera P6. Skripsi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Perkiraan hasil dapat diketahui apabila sistem manajemen proyek dilaksanakan dengan baik dan benar. Konsep earned value atau konsep analisis nilai hasil merupakan konsep menghitung besarnya biaya yang akan dan sudah dikeluarkan berdasarkan kinerja pekerjaan yang telah diselesaikan. Analisis nilai hasil dapat menghitung perbedaan biaya dan waktu saat pelaksanaan proyek dibandingkan dengan saat perencanaan. Dengan menggunakan analisis nilai hasil juga mampu sebagai prediksi besarnya biaya dan waktu proyek yang telah terlaksana. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan analisis konsep nilai hasil sebagai evaluasi kinerja untuk pelaksanaan proyek.

Penelitian ini dilakukan dalam enam tahap yaitu tahap persiapan, tahap penentuan objek penelitian, tahap pengumpulan data, tahap analisis data dan evaluasi, tahap pengendalian, dan tahap kesimpulan. Pada tahap analisis data penggunaan analisis konsep hasil dilakukan dengan software Primavera P6. Data yang digunakan menggunakan data Proyek Pembangunan Gedung Dinas Perhubungan Surakarta yang terdiri dari Time schedule, RAB, dan Laporan Kemajuan Proyek. Dari data tersebut terdapat empat item pekerjaan untuk dianalisis. Analisis data dilakukan berdasarkan data pra-konstruksi proyek yang diberikan.

Dari analisis yang dilakukan hingga berakhirnya proyek, terdapat prediksi bahwa kontraktor akan mengalami selisih biaya proyek sebesar Rp 577.453.234,96 pada akhir proyek tersebut. Dari analisis yang dilakukan juga ditemukan besar simpangan atau perbedaan sebesar 0,0634%. Karena besar penyimpangan yang kurang dari 1 persen, maka analisis konsep nilai hasil ini efektif dalam menentukan evaluasi kinerja dari proyek tersebut.

×
Penulis Utama : Aditya Putra Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117005
Tahun : 2022
Judul : PENERAPAN ANALISIS KONSEP NILAI HASIL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DINAS PERHUBUNGAN SURAKARTA MENGGUNAKAN APLIKASI PRIMAVERA P6
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Earned Value, Efektif, Laporan Proyek, Pra-Konstruksi, Primavera P6.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setiono, S.T., M.Sc.
2. Muji Rifai, S.T., M.T.
Penguji : 1. Ir. Suryoto, M.T.
2. Dr. Fajar Sri Handayani, S,T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.