Penulis Utama : Istiqomah Widyawati
NIM / NIP : K4318035
×

ABSTRAK

 

Istiqomah Widyawati. K4318035. PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN INSTAD PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran group investigation, INSTAD dan ceramah bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA sebanyak 173 siswa, sampel yang digunakan adalah X MIPA 1 sejumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ceramah bervariasi, X MIPA 5 sejumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran group investigation dan X MIPA 2 sejumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran INSTAD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen keterampilan proses sains pada siswa menggunakan tes uraian yang mengukur indikator observasi, interpretasi, klasifikasi, prediksi, berkomunikasi, berhipotesis, merencanakan percobaan, menerapkan konsep serta mengajukan pertanyaan dengan hasil uji validitas pada 11 item soal rhitung > 0,3291 sehingga dinyatakan valid, sedangkan hasil uji reliabilitas diperoleh nilai yang tergolong tinggi yaitu sebesar 0,694 pada prates dan 0,673 pada pascates keterampilan proses sains. Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA dengan prates sebagai kovariat kemudian dilanjutkan uji LSD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pascates keterampilan proses sains kelas group investigation sebesar 62,38, kelas INSTAD sebesar 67,79 dan kelas ceramah bervariasi sebesar 54,22. Hasil uji hipotesis menghasilkan keputusan uji (sig.) 0,000 < 0>group investigation, INSTAD dan ceramah bervariasi. Perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran ceramah bervariasi dan group investigation serta pembelajaran ceramah bervariasi dan INSTAD berbeda secara signifikan, sedangkan pembelajaran group investigation dan INSTAD tidak berbeda secara signifikan.

 

Kata Kunci: Group investigation, INSTAD, Keterampilan proses sains

 

×
Penulis Utama : Istiqomah Widyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4318035
Tahun : 2022
Judul : Perbedaan Keterampilan Proses Sains Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Model Group Investigation dan INSTAD pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Group investigation, INSTAD, Keterampilan proses sains
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Baskoro Adi Prayitno, S,Pd., M.Pd.
2. Dr. Muzzazinah, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Meti Indrowati, S.Si., M.Si.
2. Nurmiyati, S.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.