Penulis Utama : Ersha Nabila Maharani
NIM / NIP : G0017062
×

Latar Belakang. Kecemasan merupakan respons fisiologis ketika tubuh merasakan adanya stressor seperti ancaman atau bahaya. Kecemasan yang dirasakan tiap individu memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat, dan juga dapat menjadi kondisi patologis. Gangguan kecemasan masih menjadi gangguan mental yang sering dialami oleh penduduk di dunia, terutama wanita. Sepanjang masa hidupnya, wanita mengalami berbagai macam fase kehidupan, seperti pubertas, siklus menstruasi, kehamilan, persalinan, dan menopause. Setiap fase tersebut akan terjadi fluktuasi hormon-hormon ovarium, yaitu estrogen dan progesteron. Perubahan kadar hormon-hormon tersebut dianggap dapat meningkatkan risiko mengalami gejala kecemasan pada wanita. Ketika menopause, wanita cenderung lebih rentan mengalami kecemasan karena perubahan hormon yang fluktuatif dan gejala-gejala fisik yang menyebabkan ketidaknyamanan pada wanita. Menopause dibagi menjadi 4 fase klimakterium, yaitu fase premenopause, perimenopause, menopause, dan postmenopause. Fase perimenopause dan postmenopause diduga menjadi fase yang paling rentan bagi wanita untuk mengalami kecemasan. Fase perimenopause dianggap sebagai masa transisi, sedangkan fase postmenopause merupakan fase dimana organ reproduksi wanita sudah benar-benar berhenti berfungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada wanita perimenopause dan postmenopause.
Metode. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. Kuesioner yang digunakan adalah Kuesioner Menopause, TMAS (Taylor Manofest Anxiety Scale), dan L-MMPI (Lie-Minnesota Multiphasic Personality Inventory). Analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Square untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada wanita perimenopause dan postmenopause.
Hasil. Uji Chi-Square menunjukkan nilai signifikan yaitu (p) = 0,013 < 0>Simpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk tingkat kecemasan pada wanita perimenopause dan postmenopause di Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Kata Kunci: Tingkat kecemasan, Wanita perimenopause, Wanita postmenopause

 

×
Penulis Utama : Ersha Nabila Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0017062
Tahun : 2021
Judul : Perbedaan Tingkat Kecemasan pada Wanita Perimenopause dan Postmenopause di Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0017062
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Istar Yuliadi, dr., M.Si, FIAS.
2. Jarot Subandono, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.