Penulis Utama : Siska Dwi Utami
NIM / NIP : K5418073
×

Siska Dwi Utami. K5418073. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI BENCANA ALAM UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEBENCANAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran permainan ular tangga pada materi bencana alam di sekolah dasar; (2) mengetahui pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi bencana alam di sekolah dasar; (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi bencana alam di sekolah dasar; (4) mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan ular tangga pada materi bencana alam untuk meningkatkan pengetahuan kebencanaan peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, develop, implement, evaluate). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik statistik deskriptif.  

Hasil penelitian ini yaitu: (1) analisis kebutuhan berdasarkan hasil yang dominan meliputi karakteristik gaya belajar mendengar, pengalaman menggunakan media berkategori belum pernah, kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media yaitu setuju, visualisasi warna media pelangi, visualisasi jenis huruf verdana, dan tingkat pengetahuan bencana berkategori rendah; (2) pengembangan produk permainan ular tangga melalui lima tahapan yaitu tahap analisis dengan lima langkah, tahap desain dengan tiga langkah, tahap pengembangan dengan enam langkah, tahap implementasi dengan dua langkah, dan tahap evaluasi dengan tiga langkah; (3) media pembelajaran permainan ular tangga dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validasi ahli media dengan modus 5 (sangat baik), validasi ahli materi dengan modus 4 (baik), validasi pendidik dengan modus 5 (sangat baik), validasi uji coba perorangan dan uji coba kelompok besar dengan modus 5 (sangat baik); (4) media pembelajaran permainan ular tangga efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPS yang mampu meningkatkan pengetahuan kebencanaan. Hal ini berdasarkan peningkatan nilai pretest ke posttest dengan rata-rata sebesar 13 persen uji N-Gain yang memperoleh nilai 0,09 dengan kriteria rendah. Saran penelitian ini yaitu bagi pengembang, pendidik, dan peneliti selanjutnya untuk merancang dan mengembangkan produk lebih baik, serta bagi peserta didik dapat menggunakan produk ini yang memfasilitasi keaktifan bergerak dan rasa ingin tahu peserta didik.

×
Penulis Utama : Siska Dwi Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5418073
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Bencana Alam untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Peserta Didik di Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bencana Alam, Media Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan, Permainan Ular Tangga, Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Singgih Prihadi, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc.
Penguji : 1. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si., M.Sc.
2. Lintang Ronggowulan, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.