Penulis Utama : Sonia Putri Oktavia
NIM / NIP : K7518070
×

Sonia Putri Oktavia. K7518070. ANALISIS COWORKING SPACE DI EL SAMARA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengelolaan coworking space di El Samara Surakarta; 2) mengetahui hambatan dalam pengelolaan coworking space di El Samara Surakarta; dan 3) mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan pengelolaan coworking space di El Samara Surakarta.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Sumber data meliputi peristiwa, informan, dan dokumen di El Samara. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan coworking space di El Samara Surakarta yaitu menyediakan beberapa tipe ruang kerja sebagai daya tarik coworking space. Pengelolaan dilakukan oleh community manager dengan melaksanakan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan meliputi pemilihan lokasi, penataan ruang dan fasilitas, serta penentuan kebijakan tarif. Pengorganisasian meliputi pembagian kerja community manager dan sistem koordinasi yang digunakan. Pelaksanaan meliputi penanganan rental office dan penerapan nilai-nilai coworking space. Pengawasan meliputi pemantauan kenyamanan kerja, pengendalian logistik dan anggaran; 2) hambatan dalam pengelolaan coworking space di El Samara Surakarta diantaranya kesulitan dalam menyatukan visi dan misi pihak-pihak yang ingin berkolaborasi, beban kerja yang menumpuk bagi staf operasional, kesulitan dalam meningkatkan jumlah pendapatan dan menjaga kenyamanan kerja, belum adanya sarana pendukung komunikasi bagi pelanggan yang menerapkan remote working, kesulitan dalam menyebarluaskan konsep dan manfaat coworking space, kendala dalam memberikan pelayanan administrasi yang efektif dan efisien; (3) solusi dalam mengatasi hambatan pengelolaan coworking space di El Samara Surakarta yaitu pengelola menggali potensi suatu komunitas dan perusahaan untuk mempermudah proses kolaborasi, mengadakan program magang untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja, merancang private office sebagai antisipasi penurunan pendapatan dan mengadakan diskon, merencanakan pembuatan warung telekomunikasi (wartel) sebagai sarana komunikasi, serta dapat memanfaatkan teknologi dalam pelayanan administrasi sebagai saran dalam penelitian ini.

×
Penulis Utama : Sonia Putri Oktavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7518070
Tahun : 2022
Judul : Analisis Coworking Space di El Samara Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : sistem fleksibilitas kerja, ruang kerja kolaboratif, kantor sewa, manajemen, teknologi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hery Sawiji, M.Pd
2. Winarno, S.Kom., M.Pd
Penguji : 1. Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B
2. Muhammad Choerul Umam, S.PdI., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.