Penulis Utama : Aji Nur Rohman
NIM / NIP : K3515006
×

Aji Nur Rohman. K3515006. Evaluasi Terhadap Media Pembelajaran Cybersecurity Daring Berbasis Capture The Flag Ditinjau Dari Aspek Ethical Hacking Dan Aspek Gamifikasi. Skripsi. Surakarta: Fakultas Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret, Juni 2022.

            Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui kesesuaian komponen media pembelajaran daring keamanan jaringan dan komputer terhadap kesesuaian dengan proses ethical hacking, (2)melakukan ulasan secara komprehensif terhadap media pembelajaran cybersecurity. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian grounded theory. Sumber data penelitian ini meliputi website-website Capture The Flag, aspek ethical hacking dan aspek gamifikasi. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan strategi pencarian aplikasi berdasarkan kata kunci tertentu sesuai dengan relevansi terhadap aplikasi-aplikasi daring media pembelajaran cybersecurity. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, adapun teknik analisis data yang di sesuaikan dengan tahapan dalam penelitian (Perry, Lunde, and Chen 2016). Pertama yang dilakukan adalah melakukan oencarian sumber data penelitian menggunakan kata kunci yang sudah ditetapkan. Dilakukan pemfilteran filtering terhadap hasil pencarian agar hasil pencarian unik dan tidak terjadi duplikasi. Dilakukan filtering untuk menemukan aplikasi-aplikasi daring yang tidak sesuai, kemudian dikeluarkan dari daftar. Dilakukan penskoran terhadap data yang sudah sesuai dengan aspek ethical hacking dan aspek gamifikasi. Kedua, kendala yang dialami dalam proses penelitian adalah ada beberapa rintangan yang tidak bisa diakses dikarenakan akses yang sudah ditutup atau developer yang tidak memperbaharui lagi sertivikat website cybersecurity berbasis CTF ini sehingga tidak dapat dijalankan. Ketiga, pembuat atau pemilik atau developer website cybersecurity berbasis CTF ini perlu mempertimbangkan sisi gamifikasi dalam pembuatan dan penyusunan website cybersecurity berbasis CTF ini. Hal ini diperlukan untuk menambah minat dari partisipan dengan adanya aspek gamifikasi yang diimplementasikan.

×
Penulis Utama : Aji Nur Rohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515006
Tahun : 2022
Judul : Evaluasi Terhadap Media Pembelajaran Cybersecurity Daring Berbasis Capture the Flag Ditinjau dari Aspek Ethical Hacking dan Aspek Gamifikasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Ethical Hacking, Gamifikasi, Capture the Flag
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puspanda Hatta S.Kom, M.Eng
2. Cucuk Wawan Budiyanto, S.T, Ph.D
Penguji : 1. Aris Budianto, S.Pd, M.Eng
2. Yusfia Hafid Aristyagama, S.T, M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.