Penulis Utama : Rizka Pramitha Ningrum
NIM / NIP : B0118051
×

ABSTRAK

Rizka Pramitha Ningrum. B0118051. 2022. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn. (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah struktur novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn. meliputi alur, karakter, latar, tema, dan sarana-sarana sastra ; judul, sudut pandang, gaya, dan tone, simbolisme, serta ironi, (2) Bagaimanakah konflik batin yang dialami oleh tokoh utama pada novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn, (3) Bagaimanakah kepribadian tokoh utama berdasarkan teori kepribadian Carl Gustav Jung.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn. menurut Robert Stanton yang meliputi alur, karakter, latar, tema dan sarana-sarana sastra; judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, serta ironi, (2) Mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Kidung Sukma Larasing Jiwa   karya Ardini Pangastuti Bn, Mendeskripsikan kepribadian tokoh utama berdasarkan teori Carl Gustav Jung.

Manfaat teoretis dari penelitian ini diharapkan dapat memperkaya penggunaan teori sastra khusunya dalam bentuk novel dan menemukan unsur-unsur dalam novel. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pengkajian objek novel menggunakan teori psikologi sastra. Manfaat praktis dari penelitian ini diharapkan dapat memudahkan pembaca dalam memahami makna dan pesan yang terkandung dalam tokoh utama serta dapat menambah khazanah penelitian terhadap sastra jawa, khususnya untuk penelitian novel. Selain itu dapat dipakai sebagai  modal penelitian selanjutnya.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari Novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn. yang diterbitkan oleh Interlude pada bulan November 2021 dan pengarang. Data dalam penelitian ini berupa isi teks Novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn. dan hasil wawancara dengan pengarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan content analysis dan wawancara dengan pengarang. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif.

Secara keseluruhan hasil penelitian ini adalah: (1) dalam Novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn. menunjukkan adanya hubungan timbal balik yang saling berkaitan antarunsur berdasarkan teori struktural Robert Stanton, (2) adanya konflik batin tokoh utama dalam Novel Kidung Sukma Larasing Jiwa karya Ardini Pangastuti Bn, yang ditampilkan pengarang (3) adanya aspek kepribadian tokoh utama berupa fungsi jiwa dan sikap jiwa yang ditampilkan pengarang.

×
Penulis Utama : Rizka Pramitha Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118051
Tahun : 2022
Judul : KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KIDUNG SUKMA LARASING JIWAKARYA ARDINI PANGASTUTI B.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Kidung Sukma Larasing Jiwa, Psikologi Sastra, Konflik Batin
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyatno, M.Si
Penguji : 1. Dr. H. Supana, M.Hum
2. Siti Muslifah, S.S. M.Hum
3. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S. M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.