Penulis Utama : Muhammad Fadhel Hikam
NIM / NIP : D0318037
×

Program pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu kewajiban suatu perusahaan, pemberdayaan ini umumnya diberikan oleh perusahaan kepada masyarakat disekitar lokasi perusahaan tersebut. Dengan memberikan program pemberdayaan masyarakat akan pengetahuan dan keahlian masyarakat pada berbagai bidang. Dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat, CSR Astra Group selaku pemilik program pemberdayaan ini ingin memberikan peningkatan taraf hidup kepada masyarakat di wilayah RW 02 khususnya pada kelompok rentan anak-anak. Namun, dalam pelaksanaannya pemberdayaan masyarakat yang selama ini dilakukan, masih memiliki kekurangan dalam pelaksanaannya. . Salah satu kekurangan yang terlihat yakni kurangnya pemberdayaan di sektor pendidikan kepada anak usia dini. Hal ini dikuatkan dengan respon masyarakat sekitar terkait kondisi tempat belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bertempat di wilayah RW 02. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan pelaku usaha untuk memperkuat PAUD dan ingin mengetahui bagaimana tanggapan struktural dan kultural dari masyarakat RW 02 terkait pemberdayaan masyarakat yang diberikan oleh perusahaan disekitar lingkungan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dimana penelitian kualitatif ini memandang bahwa sesuatu realitas sosial yang tampak dianggap sesuatu fenomena yang ganda. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Jim Ife dan juga teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Julian Rappaport, dalam teori pemberdayaan ini mendifinisikan pemberdayaan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, teori pemberdayaan memiliki dua cakupan yaitu proses dan hasil. . Hasil yang didapat dari penelitian ini, bahwa pemberdayaan yang selama ini dilakukan sudah rutin dan terstruktur dalam pelaksanaannya, namun masyarakat sekitar menilai pemberdayaan yang dilakukan masih kurang maksimal khususnya pada pendidikan anak usia dini. Diharapkan kedepannya CSR Astra Group dapat lebih maksimal dalam memberikan pemberdayaan kepada kelompok rentan anak-anak di wilayah RW 02 Kelurahan Pegangsaan Dua.

×
Penulis Utama : Muhammad Fadhel Hikam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0318037
Tahun : 2022
Judul : STRATEGI CSR ASTRA GROUP DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK RENTAN ANAK-ANAK DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS : PAUD RW 02 KELURAHAN PEGANGSAAN DUA, KELAPA GADING)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci : Pemberdayaan, Kelompok Rentan, CSR, Pendidikan Anak Usia Dini, Tanggapan Struktural dan Kultural
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aris Arif Mundayat, Ph.D
Penguji : 1. Dr. Akhmad Ramdhon, S.Sos., M.A.
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.