Penulis Utama : Nanda Putri Pertiwi
NIM / NIP : K3317052
×

Pembelajaran kimia menurut kurikulum 2013 disesuaikan dengan pemenuhan keterampilan abad ke 21, dimana kurikulum 2013 menekankan pada literasi sains yang merupakan salah satu keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan literasi sains meliputi aspek : (1) sains sebagai batang tubuh pengetahuan (2) sains sebagai jalan penyelidikan (3) sains sebagai cara berpikir (4) serta interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat pada buku ajar kimia kelas XI berdasarkan kategori literasi sains.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kuantitas dari 4 kategori literasi sains dengan 26 sub- kategori sebagai indikator pengelompokan unit-unit teks dalam analisis buku ajar. Sumber data pada penelitian ini lima buku ajar kelas XI dengan penerbit yang berbeda yaitu erlangga, tiga serangkai, bumi aksara, intan pariwara dan simpati. Teknik pengambilan objek penelitian menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar analisis indikator literasi sains. Uji Validitas pada penelitian ini yaitu uji validitas instrumen dengan menggunakan formula Gregory dan uji validitas data menggunakan triangulasi antar peneliti. Teknik analisis data dengan menjumlahkan dan menghitung persentase kemunculan indikator literasi sains serta reliabilitas pengamat.
Berdasarkan hasil analisis data serta pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu dari kelima buku ajar kimia SMA kelas XI yang dianalisis berdasarkan kategori literasi sains, diperoleh hasil rata-rata proporsi literasi sains sebagai berikut : (1) Sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 69,98 % (2) Sains sebagai jalan penyelidikan sebesar 14,43 % (3) Sains sebagai cara berfikir sebesar 10,63 % (4) Interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat sebesar 4,98 %. Serta statistik kappa rata-rata 0,810 dengan kategori hampir sempurna dan persentase rata-rata kesepakatan antar rater sebesar 95,1 %. Dari hasil penelitian ini, buku ajar yang disarankan untuk digunakan adalah buku Intan Pariwara karena mencakup aspek literasi sains yang lengkap dan lebih seimbang menurut Wilkinson (1991) dibandingkan keempat buku yang lain.

Kata Kunci : Analisis, Buku Ajar, Literasi Sains

 

×
Penulis Utama : Nanda Putri Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3317052
Tahun : 2021
Judul : Analisis Muatan Literasi Sains Buku Ajar Kimia Kelas XI di SMA Negeri Surakarta pada Materi Asam Basa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3317052
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanik Dwi Nurhayati, S.Si., M.Si
2. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.