Penulis Utama : Fairuz Salma
NIM / NIP : K7716026
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran Self Directed Learning berbantu media Google Classroom pada pembelajaran akuntansi keuangan di Kelas XI AKL 1 SMK Wikarya Karanganyar. Proses pembelajaran menuntut siswa untuk menguasai kemampuan yang dimiliki, salah satunya adalah kemampuan kognitif. Namun, realita menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa kelas XI AKL 1 di SMK Wikarya Karanganyar sebesar 65% yang berarti pada kategori rendah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur penelitian masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa, menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data yaitu menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan teknik analisis kritis untuk data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan kognitif pada pratindakan, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini menetapkan indikator capaian keberhasilan kemampuan kognitif sebesar 75% termasuk dalam kategori baik. Pada kegiaan pratindakan diperoleh hasil kemampuan kognitif siswa sebanyak 13 siswa dengan persentase sebesar 65% termasuk dalam kategori kurang baik. Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa dengan persentase 65% siswa termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa dengan persentase 80% termasuk kategori baik. Berdasarkan penelitian ini, model pembelajaran Self Directed Learning berbantu media Google Classroom dapat meningkatkan kemampuan kognitif.
Penerapan model pembelajaran Self Directed Learning berbantu media Google Classroom mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa, terlihat pada peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, adanya perubahan positif dari sikap siswa dalam menerima pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Self Directed Learning berbantu media Google Classroom dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa di kelas XI AKL 1 pada pembelajaran akuntansi keuangan di SMK Wikarya Karanganyar.

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Self Directed Learning, Google Classroom

 

×
Penulis Utama : Fairuz Salma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716026
Tahun : 2021
Judul : Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Self Directed Learning Berbantu Media Google Classroom pada Pembelajaran Akuntansi Keuangan di Kelas XI AKL 1 SMK Wikarya Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7716026
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.
2. Binti Muchsini, S.Pd., M.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.