Penulis Utama : Putri Kurniasari
NIM / NIP : K2518052
×

Putri Kurniasari. K2518052. ANALISIS PERSEPSI SISWA-SISWI KELAS X IPA TERHADAP BIDANG STEM SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) DI SMA MASA DEPAN YOGYAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui persepsi siswa kelas X IPA SMA Masa Depan terhadap bidang STEM melalui EDP 2) Mengetahui perbedaan persepsi gender siswa kelas X IPA SMA Masa Depan dalam bidang STEM melalui EDP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dan metode penelitiannya adalah quasi eksperimental. Pengumpulan data mengacu pada modul pembelajaran STEM terintegrasi “Mousetrap Car” yang terbagi dalam 3 sesi yaitu let's build car, mousetrap car, dan mousetrap car race. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, dimana semua anggota dijadikan sampel. Partisipan dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas X IPA SMA Masa Depan Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Persepsi siswa kelas X IPA SMA Masa Depan terhadap pembelajaran STEM berbasis EDP cenderung positif, siswa menunjukkan sikap dan karakteristik yang positif selama pembelajaran dan minat dan motivasi yang cenderung positif, meskipun indikator future-relevant dalam minat dan motivasi negatif, 2) Perbedaan gender pada siswa kelas X IPA SMA Masa Depan dalam penelitian ini tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Siswa laki-laki dan perempuan kelas X IPA SMA Masa Depan sama-sama menunjukkan persepsi yang cenderung positif. Selama pembelajaran, sikap dan karakteristik positif siswa laki-laki lebih stabil dibandingkan dengan siswa perempuan. Sikap dan karakteristik pada siswa perempuan terkadang rendah di beberapa aktivitas dan tinggi di aktivitas lainnya, khusunya yang berhubungan dengan pembuatan mousetrap car dan mousetrap car race.

 

 

×
Penulis Utama : Putri Kurniasari
Penulis Tambahan : 1.
2.
NIM / NIP : K2518052
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS PERSEPSI SISWA-SISWI KELAS X IPA TERHADAP BIDANG STEM SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) DI SMA MASA DEPAN YOGYAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : Persepsi siswa, Perbedaan gender, SMA, STEM, EDP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah Widiastuti., S.T., M. Eng
2. Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Drs. Ranto, M.T
2. Taufik Wisnu Saputra, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.