Penulis Utama : Ayub Mahmudi
NIM / NIP : I8319004
×

Ayub Mahmudi dan Syahrul Aji Jayani. “Uji Toksisitas, Fitokimia dan Aktivitas Antioksidan Buah Nipah (Nypa fruticans) serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Baku Pembuatan Sirup, Manisan Kering, Tepung, dan Dodol.”, Program Studi DIII Teknik Kimia Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

 

                        Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kawasan pesisir pantai yang cukup luas. Pada kawasan pesisir pantai biasanya banyak ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan Mangrove. Tidak hanya pada kawasan pantai tetapi pada kawasan perairan seperti Sungai dan Rawa juga biasa ditumbuhi oleh tanaman Mangrove. Pada dasarnya Mangrove dapat tumbuh ataupun ditanam di sekitar kawasan perairan bertujuan untuk menahan abrasi pada tanah. Diantara banyak tanaman Mangrove terdapat salah satu jenis yang memiliki buah yaitu Nipah (Nypa fruticans). Buah Nipah memiliki kandungan karbohidrat, protein serta kandungan antioksidan yang cukup baik untuk tubuh namun belum banyak masyarakat yang mengetahui akan manfaat dari Buah Nipah. Dilihat dari pemanfaatnnya masih sangat kurang untuk itu perlu dilakukan pengujian terkait kandungan buah Nipah dan pemanfaatannya sebagai pangan fungsional.

                        Pada percobaan ini dilakukan untuk mengetahui kandungan fitokimia, toksisitas serta aktivitas antioksidan pada buah Nipah. Uji toksisitas buah Nipah dilakukan menggunakan metode Bhrine Shrimp Lethality Test (BSLT) yaitu pengujian sampel ekstrak buah Nipah terhadap kematian larva udang Artemia salina Leach pada pengujian toksisitas didapatkan hasil bahwa persen kematian larva Artemia salina Leach adalah 0% sehingga buah Nipah tidak bersifat toksik. Sementara itu berdasarkan uji fitokimia buah Nipah mengandung senyawa fitokimia yaitu flavonoid, steroid, fenol dan saponin. Uji Aktivitas Antioksidan dilakukan menggunakan metode DPPH (2,2- diphenyl-1-picrylhydrazyl) yang merupakan senyawa radikal. Mekanisme pengujian aktivitas antioksidan ini adalah melihat senyawa radikal bebas yang dapat direduksi oleh sampel. Pada pengujian aktivitas antioksidan didapatkan bahwa buah Nipah memiliki aktivitas antioksidan yang lemah dimana nilai IC50 sebesar 50,108 ppm.                           Setelah dilakukan pengujian dan didapatkan hasil dari kandungan buah Nipah selanjutnya yaitu dilakukan pembuatan produk olahan buah Nipah sebagai pangan fungsional. Olahan buah Nipah yang dibuat yaitu sirup buah Nipah, manisan kering buah Nipah, tepung buah Nipah dan dodol buah Nipah. Setelah dilakukan pembuatan produk olahan buah Nipah selanjutnya dilakukan uji organoleptik dan uji lama waktu simpan produk. Uji waktu simpan memiliki hasil yang berbeda dari setiap produk dimana sirup bertahan 53 hari, manisan 59 hari, dodol 14 hari dan tepung bertahan 4 bulan.

 

×
Penulis Utama : Ayub Mahmudi
Penulis Tambahan : 1. Syahrul Aji Jayani
NIM / NIP : I8319004
Tahun : 2022
Judul : LAPORAN TUGAS AKHIR UJI TOKSISITAS, FITOKIMIA, DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN BUAH NIPAH (NYPA FRUTICANS) SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN SIRUP, MANISAN KERING, TEPUNG, DAN DODOL
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Key words: Nipah, toxicity, phytochemical, DPPH, antioxidants.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Paryanto, M.S.
Penguji : 1. Aida Nur Ramadhani, S.T., M.T.
2. Himmah Sekar Eka Ayu Gustiana, S.T., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.