Penulis Utama : Sonia Hermiyati
NIM / NIP : M0418064
×

Monosodium glutamat (MSG) sesuai dosis Acceptable Daily Intake (ADI) yaitu 168 mg/kgBB /hari terbukti dapat menimbulkan efek pada testis dan kualitas spermatozoa mencit. Kerusakan testis dapat berdampak pada infertilitas. Daun cengkeh (Syzygium aromaticum (L.) Merr. dan Perry.) mengandung senyawa fenol (eugenol), flavonoid, dan tanin yang berpotensi sebagai antioksidan alami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kandungan senyawa fenol (eugenol), flavonoid, dan tanin pada ekstrak daun cengkeh (Syzygium aromaticum (L.) Merr. dan Perry.) viabilitas, motilitas, morfologi, konsentasi spermatozoa dan struktur histopatologis testis Mencit (Mus musculus L.) jantan galur Balb/C yang diinduksi MSG. 

Penelitian ini akan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan desain penelitian Post Test Only Control Group. Pada penelitian ini hewan uji berupa 25 ekor mencit jantan yang dibagi menjadi 5 (lima) kelompok perlakuan yaitu:  (PO) = diberi akuades,  (P1) = diberi MSG 168 mg/kgBB, (P2) = diberi MSG 168 mg/kgBB disertai ekstrak daun cengkeh 700 mg/kgBB/hari, (P3) =  diberi MSG 168 mg/kgBB disertai ekstrak daun cengkeh 1400 mg/kgBB/hari, dan (P4) = diberi MSG 168 mg/kgBB disertai ekstrak daun cengkeh 2800 mg/kgBB/hari. Perlakuan dilakukan selama 14 hari secara oral. Pada hari ke-15 dilakukan pengamatan viabilitas, motilitas, morfologi dan konsentrasi sel spermatozoa secara mikroskopik serta pengamatan histopatologi testis. Dilakukan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dari data yang diperoleh. Data diuji dengan ANOVA. Apabila terdapat beda nyata maka dilakukan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan tingkat kepercayaan 95%. Semua analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 26.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun cengkeh (Syzygium aromaticum (L.) Merr. dan Perry.) yang mengandung senyawa eugenol, flavonoid dan tanin meningkatkan kualitas spermatozoa meliputi viabilitas, motilitas, morfologi, konsentrasi spermatozoa dan memperbaiki struktur tubulus seminiferus testis mencit jantan yang diinduksi monosodium glutamat pada dosis 2800 mg/kgBB/hari.

×
Penulis Utama : Sonia Hermiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0418064
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Ekstrak Daun Cengkeh (Syzygium aromaticum (L.) Merr. dan Perry.) Terhadap Kualitas Spermatozoa dan Histopatologi Testis Mencit (Mus musculus L.) Galur Balb/C yang Terinduksi Monosodium Glutamat (MSG)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2022
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci : MSG; Spermatozoa; Testis; Antioksidan; Ekstrak Daun Cengkeh
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Okid Parama Astirin, M.S
2. Dr. Artini Pangastuti, S.Si., M.Si
Penguji : 1. Dr. Tetri Widiyani, S.Si., M.Si.
2. Dr. Edwi Mahajoeno, M.Si.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. MIPA
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.