Penulis Utama : Annisah Ginayanto Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3119009
Tahun : 2022
Judul : PENETAPAN STANDARISASI MUTU PRODUK DALAM PROSES INSPECTION PENGIRIMAN BARANG EKSPOR
Edisi :
Imprint : Sukoharjo, Jawa Tengah - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

PENETAPAN STANDARISASI MUTU PRODUK DALAM PROSES INSPECTION PENGIRIMAN BARANG EKSPOR

STUDI KASUS: CV SURYA ROTAN FURNITURE

Annisah Ginayanto Putri

NIM. F3119009

 

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui standarisasi mutu produk yang digunakan, standar operasional prosedur (SOP) proses inspection, dan manfaat akan penetapan standar mutu produk di CV Surya Rotan Furniture. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan direktur dan staff perusahaan, serta observasi terhadap proses pelaksanaan SOP inspection.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Surya Rotan Furniture menggunakan metode customizing untuk penetapan standar mutu produk perusahaan. Pedoman yang digunakan dalam proses produksi setelah dilakukan costumizing oleh konsumen adalah purchase order (PO), dokumen tersebut secara garis besar berisikan informasi perusahaan, deskripsi pesanan produk, instruksi tambahan. Selain itu, dalam keberlangsungan perusahaan sesuai dengan tujuan dalam memberikan kepuasaan kepada pelanggan, secara tidak langsung CV Surya Rotan Furniture menggunakan standar SNI ISO 9001-2008. Dalam penelitian ini memberikan hasil berupa kesimpulan terkait penetapan proses standar mutu dan penciptaan skema proses inspection pada CV Surya Rotan Furniture berdasar proses yang sesuai dengan SOP. Secara keseluruhan aktivitas dilakukan dengan baik sehingga menghasilkan produk unggul kualitas, akan tetapi terdapat kendala dalam prosesn aktivitas yang dilakukan. Manfaat yang diperoleh dikategorikan untuk tiga penerima, yaitu perusahaan (memberikan kepuasaan terhadap pelanggan, hasil produk yang berkualitas, dan rasa percaya diri dalam persaingan), konsumen (adanya rasa puas akan pembelian barang dengan kualitas yang unggul), dan proses inspection (memberikan kelancaran dan kemudahan dalam proses inspection).

Saran yang dapat peneliti berikan kepada CV Surya Rotan Furniture adalah memberikan perhatian dan instruksi lebih akan setiap tanggungjawab setiap karyawan, terutama kepada karyawan yang belum mengerti dan paham akan pentingnya standarisasi mutu produk untuk proses inspection dan kepuasaan pelanggan.

 

Kata kunci: Standarisasi, Mutu Produk, Inspection, Ekspor

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER (1).pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sarjiyanto, S.E., MBA, Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi