Penulis Utama : Keyla Meitasya Kusuma Cantika
NIM / NIP : C0918028
×

ABSTRAK

Keyla Meitasya Kusuma Cantika, C0918028, 2022. Perancangan Motif Kain Dengan Kombinasi Teknik Ecoprint dan Kirigami. Tugas Akhir : Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar belakang perancangan produk ini didasari oleh sedikitnya rekayasa alternatif motif yang dihasilkan oleh tekstil ecoprint yang berkembang pada saat ini, daya tarik ecoprint sendiri yaitu susunan komposisi berbagai bentuk tumbuhan mulai dari bentuk daun menjari, menyirip, sejajar dan melengkung yang dikomposisikan sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah susunan yang diinginkan. Namun hingga saat ini pengrajin yang menggeluti dunia ecoprint hanya memanfaatkan bentuk daun asli yang digunakan sebagai bahan pembuatan ecoprint, masih sangat jarang pengrajin yang mengeksplor atau merekayasa bentuk lain dari daun yang digunakan. Dari fenomena tersebut penulis menemukan adanya peluang untuk mewujudkan variasi atau alternatif motif lain yang dapat dibuat sesuai dengan desain yang diinginkan oleh konsumen. Penulis melakukan proses rekayasa bentuk dari daun yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan ecoprint yang nantinya akan disusun sesuai dengan desain menjadi bentuk motif baru. Untuk mewujudkan visual dalam pembuatan motif baru, penulis mengkombinaskan teknik ecoprint  dengan teknik memotong kertas atau teknik kirigami, pemilihan teknik kirigami ini bertujuan untuk mewujudkan bentuk variasi desain sesuai dengan desain motif yang akan diproduksi.

Perancangan tugas akhir ini menggunakan metode perancangan gustami yang terdiri dari tiga tahap penciptaan seni kriya yaitu eksplorasi,perancangan dan perwujudan karya (Gustami, 2007: 329-333). Tahap eksplorasi dilakukan dengan mengumpulkan data berupa observasi,wawancara,studi literatur dan eksperimen. Tahapan perancangan mencangkup proses pembuatan desain dan beberapa alternatif desain. Tahapan perwujudan karya yaitu mewujudkan rancangan terpilih dari model prototipe hingga hasil final yang nantinya akan dievaluasi hingga tahap penyempurnaan atau finishing.

Permasalahan dalam perancangan ini adalah bagaimana merancang ecoprint dengan teknik kirigami yang nantinya ditujukan untuk kebaharuan variasi motif ecoprint, memperhatikan bentuk rekayasa ,bentuk peletakan motif yang harmonis dan dengan mempertimbangkan aspek estetis, material, teknik, fungsi dan segmen pasar diharapkan mampu menyelesaikan masalah dalam perancangan produk tersebut. Produk yang dihasilkan pada perancangan ini berupa 6 lembar kain dengan tiga desain alternatif. banyaknya jenis kain ditujukan sebagai alternatif pilihan yang dapat digunakan pada produk fashion sesuai dengan permintaan konsumen.

×
Penulis Utama : Keyla Meitasya Kusuma Cantika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0918028
Tahun : 2022
Judul : Perancangan Motif Kain dengan Kombinasi Teknik Ecoprint dan Kirigami
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2022
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Motif, Ecoprint, Kirigami
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Apika Nurani Sulistyati, S.Sn., M.Sn.
Penguji : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn
2. Drs. Felix Ari Dartono, M.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.