Penulis Utama : Risa Syahri Saputri
NIM / NIP : D1519074
×

ABSTRAK

Risa Syahri Saputri. D1519074. Sistem Informasi Penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perorangan Melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Boyolali. Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2022. 155 halaman.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Boyolali adalah suatu instansi pemerintah yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan publik di Kabupaten Boyolali dalam bidang perizinan kesehatan, urusan mendirikan bangunan, perizinan di bidang perhubungan, perizinan di bidang pendidikan, dan perizinan di bidang usaha secara terpadu satu pintu. Kenaikan jumlah pelaku usaha di wilayah Kabupaten Boyolali menyebabkan peningkatan jumlah permohonan perizinan berusaha di DPMPTSP Kabupaten Boyolali. DPMPTSP Kabupaten Boyolali selalu berusaha untuk memberikan pelayanan prima kepada pemohon dengan mengubah cara pelayanan perizinan berusaha yang semula dilakukan secara, sekarang pelayanan perizinan berusaha dilakukan secara elektronik dengan menggunakan Sistem  Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). Penggunaan Sistem OSS-RBA memberikan banyak manfaat positif kepada pemohon karena mudah untuk digunakan, waktu pemrosesan izin lebih cepat, keaslian izin terjamin, gratis dalam biaya pembuatan izin, serta sistem tersebut dapat diakses oleh pemohon kapan saja dan dimana saja.

Tujuan pengamatan dalam Tugas Akhir ini untuk mendeskripsikan Sistem Informasi Penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perorangan Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) di DPMPTSP Kabupaten Boyolali. Jenis pengamatan yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengamatan berperan dan teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, wawancara formal, mengkaji dokumen dan arsip milik DPMPTSP Kabupaten Boyolali, serta melakukan praktik secara langsung di bidang pelayanan menggunakan Sistem OSS-RBA. Hasil pengamatan mendeskripsikan bahwa penggunaan Sistem OSS-RBA memberikan banyak kemudahan bagi pemohon dalam pengurusan perizinan berusaha berbasis resiko. Pemohon dapat mengakses Sistem OSS-RBA kapan saja dan dimana saja melalui https://oss.go.id/ untuk mengurus perizinan berusaha berbasis resiko. Sistem  Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) terdiri dari beberapa komponen pembentuk sistem yaitu: 1) Perangkat Keras, 2) Perangkat Lunak, 3) Sumber Daya Manusia, 4) Prosedur, 5) Basis Data, dan 6) Jaringan Internet.

 

Kata Kunci: OSS-RBA, Penerbitan Izin UMK, Sistem Informasi

×
Penulis Utama : Risa Syahri Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519074
Tahun : 2022
Judul : Sistem Informasi Penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perorangan Melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : OSS-RBA, Penerbitan Izin UMK, Sistem Informasi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chairul Huda Atma Dirgatama, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.