Penulis Utama : Dewi Sulistyowati
NIM / NIP : K3317021
×

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar meliputi pengetahuan, sikap, dan ketrampilan melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning dengan pendekatan flipped classroom dan meningkatkan yaitu literasi kimia melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning dengan pendekatan flipped classroom siswa kelas XI MIPA 6 SMA N 4 Surakarta tahun ajaran 2020/2021 sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan melalui pembelajaran daring. Pada setiap siklus terdapat empat langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pembelajaran dengan pendekatan flipped classroom mengacu pada taksonomi bloom yang meliputi mengingat, memahami, menganalisis, mengaplikasikan, dan mengevaluasi yang diintegrasikan dengan model pembelajaran guided discovery learning yang mengacu pada Veermans (2007) meliputi orientation, hypothesis generation, hypothesis testing, conclusion, regulation. Materi yang diajarkan yaitu larutan penyangga kepada siswa kelas XI MIPA 6 SMA N 4 Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa dan guru melalui observasi, wawancara, dan tes formatif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model guided discovery learning dengan flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 6 SMA N 4 Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut ditunjukkan dari aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 38,23% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,47%. Pada aspek sikap ketercapaian pada siklus I sebesar 81,57%. Pada aspek ketrampilan perancangan laporan praktikum materi larutan penyangga pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 12,90% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,64%. 2) Penerapan model guided discovery learning dengan flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa kelas XI MIPA 6 SMA N 4 Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut ditunjukkan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 44,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,52%. Keberhasilan penelitian tindakan kelas ini dilihat dari ketercapaian KKM masing- masing aspek.

Kata kunci: guided discovery learning, flipped classroom, hasil belajar, literasi kimia

 

×
Penulis Utama : Dewi Sulistyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3317021
Tahun : 2021
Judul : Penerapan Model Guided Discovery Learning Dengan Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Literasi Kimia Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 4 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3317021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si
2. Dr. Maria Ulfa, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.