Penulis Utama : Pramesti Wulandari
NIM / NIP : S811902008
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kondisi proses pembelajaran PAI sebelum dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis infografis pada siswa SMA di Surakarta; 2) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar PAI dalam meningkatkan soft skill siswa di SMA Surakarta; 3) mengembangkan bahan ajar berbasis infografis pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan soft skill siswa SMA di Surakarta; dan 4) mengetahui keefektifan bahan ajar berbasis infografis pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan soft skill siswa SMA di Surakarta.

Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis infografis berupa e-modul PAI ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk akhir; (10) penerapan atau implementasi.  Sepuluh langkah ini dimodifikasi menjadi tiga tahapan, yaitu 1) studi pendahuluan (wawancara, observasi, dokumen) 2) pengembangan bahan ajar (dalam tahap ini berisi tentang desain produk, validasi ahli, revisi desain, uji coba, produk, dan mengevaluasi serta merevisi), 3) uji efektivitas produk bahan ajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji keefektifan bahan ajar menggunakan uji t-test.

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa:  1) proses pembelajaran PAI sebelum adanya pengembangan bahan ajar masih menggunakan buku paket dan LKS yang disajikan dengan tampilan monoton, kurang menarik, dan belum memanfaatkan teknologi, serta dari studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa soft skill siswa masih rendah  2) pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih sangat jarang dilakukan. Tolak ukur keberhasilan terhadap capaian kompetensi hanya fokus pada aspek kognitif. Perlu adanya pengembangan bahan ajar kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan soft skill siswa, 3) bahan ajar berbasis infografis yang dikembangkan diperoleh keputusan bahwa produk tersebut sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut diperoleh berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh para ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan  praktisi oleh guru, 4) bahan ajar berbasis infografis PAI dinilai efektif dalam meningkatkan soft skill siswa mulai dari sekolah yang berkategori rendah, sedang, dan tinggi yang diperoleh berdasarkan kriteria penelitian koefisien hasil dari <!--[if gte msEquation 12]>thitung> ttabel<![endif]--><!--[if !msEquation]--> <!--[endif]-->  dan   N-gain score  lebih dari 0,40 yang  menunjukkan kategori sedang.

×
Penulis Utama : Pramesti Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811902008
Tahun : 2022
Judul : PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK BERBASIS INFOGRAFIS PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL SISWA SMA DI SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Teknologi Pendidikan - S811902008 - 2022
Kata Kunci : bahan ajar, infografis, pembelajaran PAI, soft skill
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Dr. Djono, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekingsih, M.Pd.
2. Dr. Moh. Muchtarom, S. Ag.,M.S.I.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.