Penulis Utama : Anis Nurhayati
NIM / NIP : K7118033
×

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan karakteristik pengembangan e-modul tematik berbasis potensi lokal, (2) menganalisis kelayakan e-modul tematik berbasis potensi lokal kabupaten Kebumen, (3) menguji keefektifan e-modul tematik berbasis potensi lokal kabupaten Kebumen.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan dari guru SDN Jatimalang, ahli pengembangan dosen PGSD FKIP UNS serta siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis data kuantitatif, analisis data kualitatif, dan uji keefektifan e-modul (n-gain dan effect size).

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) karakteristik pengembangan e-modul melalui beberapa tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi, (2) kelayakan e-modul melalui kritik, saran, dan komentar dari para ahli, pernyataan kelayakan dari para ahli, dan komentar guru dan siswa menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak dan sesuai digunakan dalam pembelajaran. Sejalan dengan hasil penilaian melalui angket, yaitu dari ahli materi menunjukan kriteria layak dan sangat valid sebesar 82,3%, penilaian dari ahli media menunjukkan kriteria penilaian  layak dan valid sebesar 80%, penilaian dari ahli bahasa menunjukkan kriteria layak dan sangat valid sebesar 96,4%, (3) bahan ajar tematik berupa e-modul berbasis potensi lokal kabupaten Kebumen efektif untuk digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan n-gain diperoleh nilai n-gain sebesar 76,12% dengan kriteria efektif dan perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 1,92 dengan kriteria sangat besar.

Kesimpulan penelitian ini adalah proses pengembangan dilakukan secara terstruktur dan terarah, e-modul yang dihasilkan sudah teruji kelayakannya, dan e-modul yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

×
Penulis Utama : Anis Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118033
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan E-Modul Berbasis Potensi Lokal pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Semester II Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : E-modul, pembelajaran tematik, potensi lokal
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M. Si.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd.
2. Drs. Ngatman, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.