Penulis Utama : Muhamad Ilham Fajar
NIM / NIP : B0117039
×

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah teks naskah Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi? dan (2) bagaimanakah kandungan isi teks naskah Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa?; Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks naskah Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi, dan (2) mengungkapkan kandungan isi teks naskah Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini adalah Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa yang merupakan koleksi Museum Radya Pustaka Surakarta dengan nomor katalog RP90. Data primer dalam penelitian ini adalah teks dan isi teks naskah tersebut, sedangkan  data sekunder adalah alih aksara oleh Dr. Pigeuad yang merupakan koleksi Museum Sonobudoyo dan Perpustakaan Universitas Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan teknik digitalisasi, transliterasi, dan teknik wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan adalah kritik teks serta analisis interaktif antara tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan simpulan.
Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) diperoleh suntingan teks Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa yang bersih dari kesalahan dengan bukti-bukti yang terdapat dalam naskah yang dikritisi, yakni ditemukan varian dalam teks. Varian ditemukan sebanyak 69 yang meliputi: 12 lakuna huruf, 3 lakuna suku kata, 1 lakuna kata, 3 adisi, 3 hipercorrect, 19 subtitusi, 8 korup, dan 20 ketidakkonsistenan penulisan. (2) kandungan isi naskah Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa yang berisikan tentang data inventaris gamelan-gamelan milik Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang tersimpan di Sitinggil, Gedung Gamelan di dalam Karaton, dan di Kamar Prabasuyasa. Selain disebutkan nama dan jumlah perangkat gamelan. Naskah ini juga memuat surat-surat, antara lain surat utusan perintah Kaniyagan, surat utusan Negara/Karaton, surat pernyataan abdi dalem yang menjaga, keterangan kondisi-kondisi gamelan dan ciri-ciri gamelan yang berada di Sitinggil.

Kata kunci: filologi, Sêrat Sadaya Kagungan Dalêm Gangsa, gamelan milik Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

 

×
Penulis Utama : Muhamad Ilham Fajar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0117039
Tahun : 2021
Judul : Serat Sadaya Kagungan Dalem Gangsa (Suatu Kajian Filologis dan Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0117039
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supana, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.